Jumat 24 Sep 2010 07:05 WIB

Midea Incar Posisi Lima Besar Consumer Electonics

Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA--Perusahaan peralatan rumah tangga asal China, Midea Electronics, optimistis mampu menembus jajaran lima produsen elektronik terbesar di Indonesia dalam tiga tahun ke depan.

Presiden Direktur PT Midea Planet Indonesia (MPI), Jino Sugianto, kepada wartawan di Surabaya, Kamis, mengatakan kendati sebagai "pemain" baru di pasar dalam negeri, produknya siap bersaing dengan produk sejenis dari mancanegara, terutama Korea dan Jepang.

"Kami masuk ke pasar Indonesia bukan dengan modal nekat seperti produk-produk asal China lainnya, tapi dengan perhitungan investasi jangka panjang yang cukup matang," katanya saat peluncuran kantor cabang PT MPI Surabaya.

PT MPI merupakan perusahaan patungan yang 51 persen sahamnya dimiliki Midea Electronic China dan 49 persen lainnya dipegang PT Maco Amangraha. Perusahaan ini menjadi perwakilan Midea dalam pemasaran produk-produknya di Indonesia sejak Juni 2010 dengan investasi awal sebesar dua juta dolar AS (sekitar Rp 18 miliar dengan kurs Rp 9.000 per dolar AS).