Senin 20 Jun 2011 08:08 WIB

VMware Rilis vFabric5 dengan Sistem Lisensi yang Lebih Sederhana

Red: taufik rachman
Arsitektur vFabric 5
Arsitektur vFabric 5

JAKARTA--VMware vFabric 5, suatu platform aplikasi terintegrasi untuk lingkungan virtual dan cloud.  VMware menyatakan bahwa kombinasi antara framework pengembangan Spring untuk Java dan layanan aplikasi vFabric generasi terbaru ini membuat vFabric 5 menjadi platform aplikasi inti untuk membangun, menggelar dan menjalankan aplikasi modern.

“Komputasi Awan tidak hanya mengubah cara bisnis mengkonsumsi sumber daya TI, tetapi juga cara membeli, melisensikan dan menghantarkan sumber daya itu,” kata Tod Nielsen, President, Application Platform, VMware dalam keterangannya Senin (20/6). Ia menambahkan, kendati teknologi infrastruktur aplikasi sudah sedemikian maju untuk memenuhi kebutuhan perusahaan saat ini, bisnis modelnya masih kaku dan ketinggalan zaman.

Menurut Tod melalui vFabric 5 ini, VMware menautkan biaya peranti lunak infrastruktur aplikasi sesuai dengan volume yang digunakan organisasi dan nilai yang diberikan kepada bisnis.

Pada platform terbarunya ini, VMware memperkenalkan model pengemasan dan lisensi baru yang fleksibel, yaitu perusahaan membeli peranti lunak aplikasi infrastruktur ini berdasarkan jumlah mesin virtual (virtual machine – VM),  bukan berdasarkan jumlah peranti keras fisik atau CPU. Model ini diklaim sebagai yang pertama di industri.