Rabu 04 May 2016 16:13 WIB

Robot yang Dikendalikan dengan Ponsel Masuk Indonesia

Rep: Nora Azizah/ Red: Ilham
Robot Iron Man
Foto: sputniknews
Robot Iron Man

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pernah punya mimpi ingin mengendalikan robot secara pribadi? Nampaknya impian tersebut kini bisa menjadi kenyataan. Perusahaan robotika global Sphero asal Amerika Serikat, saat ini sudah menyasar Indonesia sebagai target pasar penjualan robot.

Sphero memang bukan menjual robot dengan ukuran besar menyerupai manusia. Ukurannya tegolong mini tetapi berteknologi tinggi.

Sphero merupakan pengembang robot pintar dengan banyak fungsi. Pengguna bisa mengendalikan, memainkan, serta dapat diprogram melalui aplikasi pada ponsel pintar. Fokus Sphero memang pada kategori mainan anak yang kini telah bertransformasi ke arah connected play, yakni terkoneksi dengan internet ketika memainkannya.

Connected play menjadi salah satu teknologi yang tengah berkembang di dunia, khususnya pada industri mainan. "Kami berani merilis Sphero di Indonesia karena penetrasi smartphone sudah mulai membumi," kata Direktur Sphero Kawasan Asia Pasifik Aurelien Joly, dalam acara konferensi pers Grand Launching Sphero Indonesia di Pondok Indah Mal, Jakarta Selatan, Rabu (4/5).

Sejak berdiri sekitar enam tahun lalu, Sphero selalu fokus pada mainan anak yang terkoneksi atau connected toys. Konsep tersebut memadukan teknologi robotika terbaru dan aplikasi dengan games kreatif.

Bersamaan peluncurannya di Indonesia, Sphero memboyong produk terbarunya BB-8 App-Enabled Droid. BB-8 khusus dirancang untuk edisi Star Wars.‎ Robot kecil ini cukup memikat dengan postur tubuh bulat. BB-8 bisa menggelinding atau melompat. ‎

Uniknya, semua aktivitas robot dikendalikan melalui perangkat ponsel. Pengguna cukup melakukan koneksi bluetooth antara robot dan ponsel. Kemudian unduh aplikasi Sphero, dan mainkan! Selanjutnya nikmati sensasi memainkan robot ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement