Selasa 10 Jan 2017 11:15 WIB

Robot Elmo Ini Ajari Anak Tentang Kode

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Winda Destiana Putri
Robot Elmoji.
Foto: Mashable
Robot Elmoji.

REPUBLIKA.CO.ID, Karakter Elmo dari Sesame Street kini hadir dalam wujud robot lucu. Bedanya, ia tidak bercerita seperti dalam acara televisi, tetapi punya tugas khusus mengajari anak-anak mengenai kode.

Robot berbentuk Elmo, si monster mungil berwarna merah yang pintar itu bernama ELMOJI. Perusahaan penyedia teknologi WowWee berkolaborasi dengan Sesame Workshop menghadirkan inovasi tersebut.

Bagian bawah ELMOJI dipasangi roda sehingga robot bisa bergerak dan bereaksi terhadap rangsangan. Ada aplikasi khusus yang melengkapi robot untuk mengenalkan anak dasar-dasar coding lewat permainan dan gambar visual yang lucu.

Seorang juru bicara WowWee mengatakan kepada Mashable, timnya bersama Sesame Workshop ingin menghadirkan lebih banyak teknologi untuk anak-anak. Cara yang digunakan tentu disesuaikan dengan karakteristik anak yang suka bermain.

Secara keseluruhan, produk bakal memperkenalkan konsep dasar programming, sains, teknologi, teknik, dan matematika untuk anak. Aplikasi pendamping ELMOJI saat ini disebut masih dalam tahap pengembangan, namun ditargetkan siap dilempar ke pasar pada September 2017.

ELMOJI adalah satu dari sekian banyak metode pendidikan coding untuk anak yang belakangan bermunculan. Juli 2016, Apple merilis aplikasi iPad bernama Swift Playgrounds yang mengajarkan hal serupa, menyusul perangkat Mover Kit yang diluncurkan perusahaan teknologi Technology Will Save Us pada Oktober 2016.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement