REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Telkomsel mencatat pertumbuhan yang siginifikan pada pengguna layanan data tahun 2011. Dibandingkan dengan tahun 2010, pada tahun 2011 terjadi kenaikan pengguna layanan data hingga 55 persen. Padahal kenaikan jumlah pelanggan berkisar 14 persen saja.
''Peningkatan konsumsi layanan data menunjukan perubahan gaya hidup masyarakat. Telkomsel dengan konsisten telah melakukan peningkatan kualitas jaringan, produk dan konten untuk dapat selalu memenuhi kebutuhan layanan data dengan optimal,'' kata Ricardo Indra, Head of Corporate Communications Division Telkomsel.
Ricardo menyatakan seiring dengan tingginya ekspektasi masyarakat akan layanan data, kualitas jaringan menjadi faktor penentu yang signifikan. Telkomsel berupaya memastikan kemudahan dan kenyamanan akses komunikasi data sejalan dengan pertumbuhan pelanggan data.
Peningkatan pengguna layanan data antara lain tercermin dari peningkatan penggunaan data pelanggan Telkomsel. Bila pada tahun 2010, jumlah data yang dideliver melalui jaringan Telkomsel setiap hari sebanyak 63 tera bytes (TB), pada tahun 2011 melonjak menjadi 107 TB. Peningkatan juga terjadi pada layanan MMS, dari 630 ribu MMS menjadi 1 juta MMS.
Pertumbuhan pengguna data dan MMS tercatat lebih tinggi dibandingkan dengan layanan suara dan SMS. Pada tahun 2010, rata-rata trafik harian untuk layanan suara 953 juta menit, tahun 2011 mengalami penurunan menjadi 936 juta menit. SMS ada peningkatan tipis dari 763 juta SMS per hari menjadi 771,5 juta SMS per hari.
Telkomsel saat ini memiliki sekitar 106 juta pelanggan. Sebanyak 42 juta pelanggan tercatat sebagai pengguna aktif layanan data, termasuk layanan broadband. Telkomsel telah berencana mengembangkan 45 kota broadband. Tahun ini akan diperluas menjadi 100 kota.
"Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan data, terdapat faktor penunjang yang cukup penting pada elemen jaringan telekomunikasi, diantaranya pita spektrum, dengan tersedianya pita spektrum yang memadai akan memberikan kecepatan akses terhadap beragam layanan komunikasi data. Sehingga pada akhirnya kebutuhan pelanggan di Indonesia dapat dilayani dengan optimal, " papar Ricardo Indra.
Untuk mendukung pertumbuhan layanan data--utamanya broadband--, Telkomsel telah memiliki dua kanal 3G masing-masing memiliki lebar 5 Mhz. Seiring dengan peningkatan yang signifikan pelanggan data, spektrum yang dimiliki dinilai tidak memadai lagi. Telkomsel berencana mengajukan tambahan spektrum 3G dengan lebar 5 MHz ke pemerintah. Tambahan spektrum diharapkan mampu mengoptimalkan lagi kualitas layanan data dan broadband Telkomsel.