Senin 02 Jul 2012 03:30 WIB

Tablet Murah Membanjiri Pasar

Rep: rosita budi suryaningsih/ Red: M Irwan Ariefyanto
Tablet berbasis OS Windows
Foto: Wired
Tablet berbasis OS Windows

REPUBLIKA.CO.ID, Harga personal computer (PC) tablet kini makin terjangkau. Sejumlah pabrikan menggelontorkan tablet baru dengan harga murah. Meskipun murah, paling tidak tablet ini sudah bisa memberikan hiburan yang cukup untuk pengguna dari kelas low end.

Di ajang Indonesia Celluler Show 2012 pekan lalu, tablet murah buatan produsen perangkat komunikasi lokal, IMO banyak menyedot perhatian pengunjung. Paling mengejutkan dan menarik perhatian adalah harga yang ditawarkan. Untuk PC Tablet IMO seri Neo X3, dipatok dengan harga yang sangat murah, hanya Rp 550 ribu saja.

Harga itu sudah termasuk dengan bonus headset merek Ori seharga Rp 80 ribu. “Kami menargetkan seri ini akan terjual hingga 200 buah saat ICS berlangsung,” ujar Direktur Utama PT Konten Indomedia Pratama (KIP), pemegang brand IMO, Sarwo Wiguno Wargono.

Walau harganya sangat ramah untuk kantong kalangan menengah, tablet ini sudah bisa menghadirkan hiburan yang standar. Dari main game, memutar video, musik, kamera, dan browsing dengan menggunakan jaringan wifi. Di luar pameran, tablet ini biasa dijual dengan harga Rp 650 ribu.

IMO Neo X3 dioperasikan menggunakan android 2.2 Froyo dengan prosesor WM8650 sebesar 400MHZ. Dengan ukuran layar sebesar 7 inci WVGA wide-screen dengan resolusi 800 x 480 megapixel. Tablet ini juga memiliki TFT resistive touchscreen dan empat dimentional gravity sensing. Memori yang tersedia di dalamnya sebesar 256 MB RAM dan 2GB ROM Storage.

Pabrikan lokal lainnya, Tabulet, juga mengeluarkan koleksi PC Tablet ter barunya . Memang harganya lebih mahal dibandingkan dengan IMO, namun kuali tas yang ditawarkan juga jauh lebih tinggi.

Dua tablet terbarunya, yaitu Beat 2 dan Troy 2, sengaja diluncurkan pada event ICS kali ini. “Kami benamkan inovasi-inovasi terbaru untuk menciptakan gadget berkualitas tinggi, namun tetap menempatkan harga di bawah Rp 2 juta,” ujar Product Manager PT Erasa Mandiri Teknosis, yang mengeluarkan Tabulet, Raymond Widjaja.

Tabulet Beat 2 sudah mengusung android 4.0 ice cream sandwich sebagai sistem operasinya. Kualitas kameranya sudah lumayan, depan berkualitas VGA dan belakangnya resolusinya sebesar 2 megapixel. Tablet berukuran 7 inci ini prosesor nya tak main-main, yaitu menggunakan Arm Cortex A9 2nd generation. “Ini prosesor buatan korea yang sama seperti yang digunakan Ipad 2,” ungkap Raymond.

Dengan terobosan 1GB ROM dengan 512 MB RAM DDR3 serta 4GB storage, tablet ini bisa menyimpan berbagai aplikasi besar dan memainkan game dengan lancar. Pada layarnya, dibenamkan teknologi antiglare dengan resolusi 1024x600 HD capa citive display dengan chip 400 mali GPU dan PPI yang lebih tinggi dibandingkan dengan ipad2. “Selain warnanya lebih tajam dan hidup dibandingkan ipad2, dengan beat 2 juga bisa memainkan game 3D dengan mulus sebanding dengan video dari microsoft Xbox,” jelasnya.

Dibalut dengan warna pure white, Beat 2 juga dilengkapi infrared dan hardware mumpuni, yang bisa membaca hard disk eksternal hingga 2 terrabyte. Beat 2 saat ICS berlangsung dipatok dengan harga Rp 1,499 juta. Di hari biasa, di-bundling dengan modem T8210 dan paket Telkomsel internet gratis 3 bulan, bisa didapatkan dengan harga Rp 1,728 juta. Sayang, tablet ini belum bisa digunakan untuk telepon dan pesan singkat (SMS). Untuk tablet yang sudah menyediakan fasilitas itu, ada di Tabulet seri Troy 2, yang dijual dengan harag Rp 1,99 juta.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement