REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Yahoo akhirnya resmi menggunakan logo baru. Logo yang diluncurkan Rabu tengah malam ini sudah ditongolkan secara global di laman muka situs mereka pada Kamis (5/9) pagi.
Perubahan logo barunya ini memang tidak radikal. Yahoo tetap mempertahankan unsur desain lama seperti warna ungu, huruf O kedua yang lebih besar dan tanda seru di belakangnya.
Kesan menyengat saat pertama melihat logo baru ini adalah ia terlihat lebih ramping dan tegak dari logo sebelumnya. Ia menggunakan desain font yang berbeda (Optima) dengan efek bevel dan dibalut warna Pantone Violet C.
"Kami menginginkan logo yang tetap setia ke akar kami (ganjil, ungu, dengan tanda seru) namun menganut (nilai) evolusi dari produk-produk kami," ungkap Kathy Savitt, Chief Marketing Officer di Yahoo dalam blog resmi menjelang Rabu (4/9) tengah malam.
Sejak penunjukkan Marrisa Mayer sebagai CEO baru pada tahun lalu, Yahoo terlihat sibuk berbenah. Mulai dari mengakuisisi layanan blogging Tumblr hingga mendesai ulang layanan email, penambahan fitur Flickr, solusi olahraga virtual dan lainnya.
Perubahan logo ini diduga sebagai salah satu upaya terbaru untuk mendongkrak popularitasnya yang mulai kendur dan agar terlihat lebih segar.
"Kami tahu kami menginginkan logo yang merefleksikan Yahoo -- unik, namun canggih. Modern dan segar, dengan mengarahkan kepada sejarah kami. Memiliki sentuhan manusia, personal. Bangga, " kata Mayer dalam blognya menjelaskan alasan di balik pemilihan logo baru.
Rencana perubahan logo sudah digembar-gemborkan Yahoo sejak Agustus kemarin. Untuk sekadar memancing perhatian pengguna, beberapa desain logo baru Yahoo sempat dipamerkan selama 30 hari jelang peluncuran resminya Rabu ini. Perubahan desain logo ini yang terbesar sejak 1995.