Kamis 15 Mar 2018 16:55 WIB

Google Maps Luncurkan Fitur Ramah Kursi Roda

Google sudah merangkum data rute untuk 5 kota dan terus bertambah.

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Indira Rezkisari
Google Maps
Foto: Pexels
Google Maps

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google menambahkan sejumlah informasi aksesibilitas penting ke Maps. Termasuk memungkinkan pengguna melihat apakah rute tersebut bisa dilalui pengguna kursi roda atau tidak. Ekstra data ini ini tidak hanya berguna untuk penyandang disabilitas, juga orang lain dengan permasalahan mobilitas, termasuk orang tua yang harus mendorong stroller anak.

Google mengawali data rute yang bisa dilewati kursi roda ini di London, Tokyo, Meksiko, Boston dan Sydney. Rencana, Google akan mengaplikasikannya di tempat lain. Untuk mengumpulkan informasi yang dibutuhkan, Google tidak bekerja sendiri melainkan menjalin kerja sama dengan perusahaan transportasi.

Penambahan fitur ini berawal dari pantauan Google akan tingginya kebutuhan orang yang harus menemukan rute ramah roda. Penambahan ini melengkapi sejumlah perubahan yang telah dilakukan Google Maps dalam bebera bulan terakhir. Misalnya, menambah lebih banyak gambar Street View, sehingga memungkinkan seseorang bisa melihat seperti apa kondisi tujuannya sebelum berangkat.

Untuk mengakses rute ramah roda, pengguna mengetik tujuan yang diinginkan ke Google Maps terlebih dahulu. Pilih Directions lalu pilih ikon transportasi umum. "Kemudian, ketuk Opsi dan di bawah bagian Rute, kalian bisa menemukan pilihan bisa diakses kursi roda sebagai jenis rute baru," tulis perusahaan seperti dilansir dari Beta News, Kamis (15/3).