Sabtu 05 Oct 2019 23:55 WIB

Bekraf Ajak Generasi Muda Solo Kembangkan Aplikasi

Bekraf mendorong generasi muda meningkatkan kapasitas diri untuk kembangkan aplikasi

Rep: Binti Sholikah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara Bekraf dengan enam pemerintah daerah.  Penandatanganan nota kesepahaman ini merupakan kerja sama yang saling mendukung dalam rangka pengembangan potensi ekonomi kreatif.
Foto: Republika/Retno Wulandhari
Penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara Bekraf dengan enam pemerintah daerah. Penandatanganan nota kesepahaman ini merupakan kerja sama yang saling mendukung dalam rangka pengembangan potensi ekonomi kreatif.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mengajak generasi muda di Solo untuk mengembangkan serta meningkatkan kapasitas pengetahuan mengenai aplikasi dan game. Hal itu dilakukan dalam acara Bekraf Developer Day (BDD) di Hotel Swiss Bellin Saripetojo, Solo, Sabtu (5/10). BDD menghadirkan pakar dan pelaku industri kreatif digital untuk menginspirasi peserta dalam mengembangkan aplikasi dan game.

Deputi Infrastruktur Bekraf, Hari Santosa Sungkari, mengatakan, Bekraf Developer Day 2019 bertujuan untuk menjembatani para developer dengan platform teknologi mutakhir untuk mengembangkan produk digital khususnya di bidang subsektor aplikasi, game dan web serta internet of things (IoT). Selain itu, untuk memicu semangat kemandirian dan kewirausahaan dalam meningkatkan kapasitas dan kompetensi yang berkualitas bagi para pelaku ekonomi kreatif, khususnya di subsektor tersebut.

Baca Juga

"Melalui kegiatan ini diharapkan terjadi kompetensi sehat dan berkualitas antar developer serta menciptakan solusi untuk memecahkan permasalahan lokal dalam bentuk karya digital," kata Hari kepada wartawan di sela-sela acara tersebut.

Hari menyatakan, ekosistem sturtup teknologi Indonesia termasuk berhasil. Buktinya, ekonomi digital di Indonesia tumbuh pesat. Dia menilai, ekonomi digital tidak hanya penjualan elektronik atau e-commerce, melainkan juga aplikasi dan game.