Rabu 03 Jan 2018 13:47 WIB

Studi: Ketamin Dapat Mengurangi Pikiran untuk Bunuh Diri

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Winda Destiana Putri
Depresi
Depresi

REPUBLIKA.CO.ID, Menurut sebuah penelitian terbaru, beberapa dosis ketamin dikatakan bisa jauh lebih efektif daripada obat penenang tradisional untuk mengurangi pemikiran bunuh diri. Temuan ini bisa membuka jalan bagi perawatan baru untuk orang-orang yang menderita depresi berat.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa obat anestesi bisa menjadi antidepresan yang efektif. Namun, penelitian ini berfokus pada pemikiran untuk bunuh diri secaa khusus dan efek positifnya dicatat dalam 24 jam pertama.

Dilansir dari Sciencealert, tim dari Columbia University Medical Center di New York menyatakan meskipun terlalu dini untuk menyebut ketamin sebagai solusi sempurna dan universal untuk mengobati kecenderungan untuk bunuh diri, tapi hal ini dapat menawarkan alternatif yang menjanjikan bagi orang-orang yang tidak melihat adanya perbaikan dari pengobatan yang ada.

"Studi ini menunjukkan bahwa ketamin menawarkan janji sebagai pengobatan yang cepat bertindak untuk mengurangi pikiran bunuh diri pada pasien yang mengalami depresi. Penelitian tambahan untuk mengevaluasi antidepresan ketamin dan efek anti-bunuh diri dapat membuka jalan bagi pengembangan obat antidepresan baru yang bertindak lebih cepat dan berpotensi membantu orang-orang yang tidak merespons perawatan yang ada saat ini," ujar peneliti utama psikiater Michael Grunebaum.