Ahad 14 Nov 2010 08:51 WIB

Telkomsel Rilis Mobile Advertising Berbasis Lokasi

Red: taufik rachman
Nyoto Priyono, VP Mobile Advertising Management Telkomsel
Foto: telkomsel
Nyoto Priyono, VP Mobile Advertising Management Telkomsel

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Telkomsel memperkenalkan mobile advertising berbasis lokasi dan mobile coupon (MCoupon). Dua layanan baru ini diklaim akan memberikan nilai tambah, sekaligus pengalaman baru bagi pelanggan Telkomsel dalam bertransaksi di merchant yang menjadi mitra Telkomsel.

'' Dengan dua layanan baru, pelanggan akan menikmati kemudahan dan tawaran diskon menarik dari mitra-mitra kami,'' kata VP Mobile Advertising Management Telkomsel, Nyoto Priyono, usai peluncuran dua fitur baru itu di Kelapa Gading, Jakarta, Sabtu (13/11).

Pada mobile advertising berbasis lokasi--yang diberi merek Ad@hand--, pelanggan akan mendapatkan informasi, promosi atau iklan dari mitra Telkomsel. Pesan disampaikan dalam bentuk SMS atau MMS, dilokasi-lokasi tertentu dan hanya diterima pelanggan saat berada di lokasi tersebut.

Misalnya pelanggan yang tengah berada di Mal Kepala Gading. Saat berada di kawasan ini, pelanggan secara otomatis akan menerima pesan, informasi, promosi atau iklan dari mitra Telkomsel yang memiliki gerai atau outlet di kawasan itu.

Misalnya, pesan/promosi mengenai donat. Pesan ini dilengkapi dengan gambar dan informasi pendukung layaknya leaflet produk. Tidak hanya pesan/promosi, pada layanan Ad@hand diinformasikan pula berbagai promo menarik atau diskon yang bisa diperoleh dengan menunjukan SMS atau MMS tersebut.

Karena berbasis lokasi, hanya di lokasi-lokasi tertentu saja pelanggan akan mendapatkan promosi, iklan atau informasi. Menurut Nyoto, Mal Kelapa Gading menjadi 'pilot project' program ini. ''Selanjutnya akan dikembangkan di kawasan lain. Layanan juga akan diperluas di luar Jakarta, seperti Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Medan dan Makassar,'' ujar Nyoto.

Selain Ad@hand, Telkomsel juga memperkenalkan Mobile Coupun. ''Layanan ini memberikan fleksibilitas bagi pengiklan maupun merchant untuk mempromosikan produk melalui kupon elektronik dalam format image dalam layanan MMS,'' kata Nyoto.

Metode demikian, kata Nyoto, cukup efisien dan murah. ''Merchant tak perlu mencetak kupon dan membagikan kepada masyarakat secara manual. Cukup dengan mengirimkan MMS, kupon dapat langsung sampai kepada pelanggan yang disasar dimanapun dan kapanpun dia berada,'' kata Nyoto.

Dalam hal ini, pelanggan cukup menunjukkan MMS saat akan melakukan transaksi. Merchant tinggal meng-capture barcode yang ada dengan electronic digital capture (EDC). ''Untuk merchant tertentu bisa memasukkan 13 angka yang ada di barcode. Praktis, efisien dan murah,'' ujar Nyoto berpromosi.

Informasi, kata Nyoto, telah dicustomized sedemikian rupa. ''Dengan sistem broadcasting advertising yang telah di-customize, pelanggan akan tetap nyaman ketika menerima informasi iklan,'' ujar Nyoto. Telkomsel juga akan membatasi jumlah SMS yang akan dikirim dalam program ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement