Jumat 23 Sep 2011 18:34 WIB

XL Lakukan Uji Jaringan di Sumatera

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--XL Axiata melakukan serangkaian uji jaringan di Batam dan Medan pada September 2011. Uji jaringan ini bertujuan untuk membuktikan kemampuan dan kesiapan jaringan XL dalam komunikasi data.

Vice President XL West Region, Agus Simorangkir mengatakan, Di kota-kota besar di Sumatera, jaringan XL telah siap dan mampu melayani komunikasi data yang sudah menjadi kebutuhan masyarakat.

 

Uji jaringan telah diselenggarakan di Batam dan Medan. Di Batam, pengujian dilakukan di Nagoya Hill, 16 September 2011. Pengujian dengan menggunakan modem dan BlackBerry Onyx. Dengan modem, XL berhasil mengunduh (download) file dengan kecepatan masing-masing 0,6 Mbps (tes 1), 0,69 Mbps (tes 2), dan 0,77 Mbps (tes 3). Sementara itu dengan menggunakan BlackBerry Onyx, XL berhasil mengunduh film tipe 3GP berukuran 17,8 MB dalam waktu singkat. Kecepatan unduh XL untuk ini mencapai 42,3 Kbps.

 Sementara itu di Medan, pengujian dilakukan di Cambridge Mall, 22 September 2011. Dengan menggunakan Modem, BlackBerry, dan Smartphone, XL berhasil unggul dibandingkan dengan provider lain. Menggunakan modem, XL mempunyai kecepatan mengunduh 0,71 Mbps, kecepatan mengunggah (upload) 0,35 Mbps. Menggunakan BlackBerry, saat mengunduh film dengan kapasitas file yang sama, kecepatan unduh via jaringan XL mencapai 95,3 KBps atau  762 Kbps.

Agus Simorangkir menambahkan, saat ini semua site XL di Kota Medan sudah menggunakan second carrier, yaitu dua 3G per BTS, sehingga jaminan kecepatan yang didapatkan pelanggan akan jauh lebih baik. Jumlah BTS XL di Medan ada 934 BTS (Base Transceiver Station) dan 252 BTS di antaranya sudah memiliki 3G. XL berharap seluruh BTS pada akhir tahun ini akan terpasang 3G.

Total jumlah pelanggan layanan data/internet XL mencapai 30 juta yang dilayani dengan dukungan 24.971 BTS (2G/3G) per akhir Juni 2011. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْ نَزَّلَ عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۗوَمَنْ يَّكْفُرْ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلٰلًا ۢ بَعِيْدًا
Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (Al-Qur'an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barangsiapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sungguh, orang itu telah tersesat sangat jauh.

(QS. An-Nisa' ayat 136)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement