Rabu 21 Nov 2012 07:31 WIB

Android Jadi Andalan XL Meningkatkan Kontribusi Layanan Data

Red: Taufik Rachman
Direktur Commerce XL, Joy Wahyudi
Direktur Commerce XL, Joy Wahyudi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--XL Axiata makin serius saja menggarap segmen pengguna smartphone dan tablet dengan sistem operasi Android. Pertumbuhan yang cepat pengguna Android diharapkan mampu meningkatkan kontribusi layanan dana terhadap revenue XL.

Direktur Marketing XL, Joy Wahyudi menyatakan saat ini kontribusi layanan data terhadap revenue XL sekitar 15-an persen. ''Dengan makin banyaknya pengguna smartphone dan tablet Android, diharapkan mampu meningkatkan kontribusi layanan data antara 16 hingga 20 persen,'' kata Joy.

Joy optimistis target itu akan tercapai, mengingatkan tingginya pertumbuhan pengguna smartphone Android. ''Android memang tengah tumbuh, sementara Blackberry cenderung stagnan,'' kata Joy.

Diminta komentarnya soail smartphone berbasis sistem operasiwindows mobile, Joy mengaku belum memiliki data pertumbuhan pelanggan pengguna OS Microsoft. Namun jika memang pertumbuhan pengguna OS Microsoft tinggi, pihaknya tentu saja akan mengembangkan ekosistem yang sama dengan sistem operasi lain.

''Saat ini semua operator telah mengembangkan ekosistem Blackberry, semua menjaga eksosistem ini,'' kata Joy. Pengguna Blackberry di Indonesia diperkirakan sekitar 10 juta, sebanyak 2,8 juta adalah pelanggan XL.

Pengembangan program XL Rumahnya Android adalah sebuah upaya membangun ekosistem Android. ''Dengan mengembangkan ekosistem Android, pelanggan akan memiliki pilihan,'' katanya.

Joy menambahkan bahwa pengguna Blacberry masih mendominasi pengguna smartphone XL. ''Dari seitar 42,3 juta pelanggan ada sekitar 15-an persen yang menggunakan smartphone,'' ujar Joy.

Mereka terdiri dari pelanggan BlackBerry 2,8 juta, pengguna iPhone 100 ribuan, pengguna smartphone berbasis Android 800 ribuan. XL juga memiliki pengguna smartphone berbasis windows mobile sekitar 100 ribuan dan pengguna smartphone berbasis symbian lebih dari 2 jutaan.

Diantara sistem operasi yang ada, Android memang membukukan pertumbuhan yang sangat tinggi. Joy memprediksi Android akan mendominasi pengguna smartphone di Indonesia. ''Karena itulah kita mengembangkan layanan khusus untuk para pengguna Android,'' kata Joy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement