Jumat 15 Jun 2018 23:18 WIB

Taman Margasatwa Ragunan Targetkan 800 Ribu Pengunjung

Target itu naik dari jumlah pengunjung Ragunan pada libur Lebarang tahun lalu.

Red: Andri Saubani
[ilustrasi] Pengunjung melihat gajah yang sedang makan saat libur panjang Tahun Baru Imlek 2569 di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Sabtu (17/2).
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
[ilustrasi] Pengunjung melihat gajah yang sedang makan saat libur panjang Tahun Baru Imlek 2569 di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Sabtu (17/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Unit Pengelola Taman Margasatwa Ragunan Dina Himawati mengatakan pihaknya menargetkan jumlah pengunjung mencapai 800 ribu orang mulai 15 Juni hingga 24 Juni 2018. Target itu naik dari jumlah pengunjung Ragunan pada libur Lebarang tahun lalu.

"Tahun lalu jumlah pengunjung mencapai sekitar 600 ribu orang selama delapan hari, tapi tahun ini karena libur cuti bersamanya sampai 10 hari jadi target kita juga ikut naik sekitar 800.000 orang yang diperkirakan selama 10 hari mulai hari ini sampai nanti dengan tanggal 24 Juni," tuturnya saat ditemui di Ragunan, Jakarta, Jumat (15/6).

Taman Margasatwa Ragunan seluas 147 hektare itu merawat 2.160 ekor satwa. Dina mengatakan, hingga pukul 16.00 WIB pada Jumat (15/6), jumlah pengunjung sudah mencapai 20.613 orang.

Pihaknya juga mencatat kendaraan mobil yang masuk kawasan Ragunan sebanyak 1.116 unit dan kendaraan motor sebanyak 2.658 unit serta satu bus umum. "Kami berharap yang berkunjung ke Ragunan dari awal sampai akhir tidak terlalu signifikan lonjakannya tapi kami perkirakan kemungkinan hari Minggu dan Senin itulah puncak kunjungan di Ragunan," ujarnya.

Hal itu dikarenakan berdekatan dengan masa cuti bersama akan berakhir sehingga kemungkinan mereka sudah datang ke Jakarta kembali dan akan berkunjung ke Ragunan. Para pengunjung juga akan dapat menyaksikan kanguru yang datang sejak Mei 2018 dan yang berasal dari pertukaran dengan lembaga konservasi di Solo.

Pihak Taman Margasatwa juga berhasil mengembangbiakkan seekor trenggiling. Namun, karena masih rentan jadi tidak bisa dilihat para pengunjung untuk sementara waktu.

Selain itu, Dina menuturkan pihaknya juga melengkapi dan menyempurnakan sarana rekreasi berupa mini outbound di taman satwa anak-anak sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi pengunjung anak-anak. "Untuk hari pertama karena ini bertepatan dengan hari Lebaran pertama masih biasa saja masih seperti layanan kami pada hari Minggu mungkin karena masih banyak yang bersilahturahmi ya," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement