Selasa 30 Jul 2019 21:48 WIB

Prof Effendi Gazali dan Prof Rokhmin Dahuri Saling Puji

Prof Effendi Gazali menyebut Prof Rokhmin Dahuri sebagai Dewanya Kemaritiman.

Red: Irwan Kelana
Prof Effendi Gazali PhD dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Perencanaan Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama).
Foto: Dok Rokhmin Dahuri
Prof Effendi Gazali PhD dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Perencanaan Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Prof Effendi Gazali PhD dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Perencanaan Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama). Acara pengukuhan ini dilaksanakan di Gedung Kesenian Jakarta, Selasa (30/7). 

Sejumlah guru besar dari beberapa kampus ternama, dan para tokoh nasional menghadiri pengukuhan Effendi Gazali sebagai guru besar. Salah satu di antaranya, Guru Besar Fakultas Kelautan dan Perikanan IPB, Prof Dr Ir Rokhmin Dahuri MS.

Bagi Rokhmin, sosok Effendi adalah sahabat baik yang telah dikenal sejak lama.  "Kami juga sangat dekat secara idealisme, yang sama-sama mengharapkan negeri ini bisa lebih baik lagi, maju, adil, makmur, dan berdaulat. Di mata saya, dia (Effendi) yang paling the best di Indonesia untuk kepakaran komunikasi politik publik. Universitas Prof Dr Moestopo dan juga bangsa ini harus bersyukur memiliki dia," sebut Rokhmin dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Selasa (30/7). 

Ke depan, Ketua DPP PDIP Bidang Kemaritiman ini berharap Effendi bisa lebih produktif lagi dalam mengembangkan ilmu dan kepakarannya untuk kebajikan bagi semua. "Kita berdoa ya, untuk lebih produktif lagi," ujar dia. 

Rokhmin pun mengungkapkan soal pengalamannya yang pernah bareng dengan Effendi sekitar tahun 2013 silam. Kala itu, Effendi menjalani visiting professor di Jeju National University, Korea Selatan.  Soal ini, Effendi  mengamini dan mengenal Rokhmin sebagai salah satu sahabat yang telah banyak membantunya. 

"Kalau Pak Rohmin Dahuri, tak diragukan lagi. Dewanya kemaritiman, ya, Profesor Rokhmin Dahuri," aku penguji dan pembimbing disertasi pada Program Pasca Sarjana Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UI ini.

Atas pujian tersebut, Rokhmin hanya tersenyum."Itu penilaian beliau, ya. Saya bersyukur saja ada rekognisi dari beliau. Mudah-mudahan, beliau ini memang orang yang sangat objektif," terang Rokhmin.

Untuk diketahui, Effendi meraih gelar guru besar tetap program pascasarjana bidang ilmu komunikasi, dengan orasi ilmiah yang berjudul “Merajut Indonesia: Menuju Konstelasi Algoritma Komunikasi Politik yang Lebih Mempersatukan”. 

Ia lulus sarjana Komunikasi dari Universitas Indonesia tahun 1990, kemudian mendapatkan gelar Master Komunikasi di UI juga pada tahun 1996, serta Master dalam bidang International Development (konsentrasi: Internationa Communication) dari Cornell Ithaca University, New York tahun 2000. Gelar Ph.D. dalam bidang Komunikasi Politik diperoleh dari Radboud Nijmegen University Belanda tahun 2004.

Tahun 2003, Effendi meraih penghargaan sebagai salah satu Peneliti Terbaik UI di bidang Social and Humanity berdasarkan publikasi di jurnal internasional, serta penerima ICA (International Communication Association) Award, pada ICA Annual Conference, di New Orleans Mei 2004 untuk Research, Teaching and Publication (The ICA Instructional and Developmental Division). Effendi saat ini berstatus sebagai pengajar di Fakultas Ilmu Komunikasi Moestopo, dan mengajar sejak lulus sarjana tahun 1990.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement