Jumat 20 Dec 2019 08:20 WIB

Jelang Akhir Tahun, Mendag Pastikan Pasokan Sembako Aman

Mendag akan menghubungi distributor dan suplier agar menambah pasokan sembako.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Friska Yolanda
Aktivitas pengunjung berbelanja di Pasar Kosambi, Kota Bandung, Ahad (5/5).
Foto: Republika/Edi Yusuf
Aktivitas pengunjung berbelanja di Pasar Kosambi, Kota Bandung, Ahad (5/5).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Kosambi Bandung, Jumat (20/12) pagi. Ia didampingi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengecek harga bahan pokok jelang Natal dan Tahun Baru 2020 mendatang.

"Hari ini saya ke pasar (Kosambi) bersama Gubernur Jabar, Wakil Wali Kota Bandung untuk melihat harga menjelang Natal dan Tahun Baru. Ada sedikit kenaikan harga (telur, ayam dan bawang)," ujarnya kepada wartawan disela-sela sidak, Jumat.

Baca Juga

Ia mengungkapkan akan berkoordinasi dengan asosiasi pengusaha, penyuplai dan distributor bahan pokok untuk menyesuaikan suplai jelang Natal dan Tahun Baru 2020. Sehingga harga bahan pokok bisa ikut stabil dalam beberapa hari ke depan. 

"Pasokan cukup dan akan ditambah, (saya) menghubungi beberapa asosiasi, distributor dan suplier ditambah pasokan agar menstabilisasi harga," katanya.

Menurutnya, harga sejumlah bahan pokok jelang Natal dan Tahun Baru 2020 relatif sering naik. Sebab permintaan terhadap barang-barang tersebut yang tinggi dan kondisi cuaca hujan yang mempengaruhi harga.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menambahkan, pihaknya pada Senin (23/12) mendatang akan rapat dengan Bulog untuk memastikan harga bahan pokok stabil. Menurutnya, jika terdapat kenaikan harga maka akan dilakukan operasi pasar. 

"Secara umum stabil (harga), pak menteri menyampaikan akan koordinasi dengan asosiasi agar harga stabil. Secara umum, masyarakat jangan khawatir, menteri ke Bandung memastikan harga stabil," ungkapnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement