Selasa 01 Dec 2020 11:46 WIB

NASA Rilis Data Astronomi Berbentuk Suara, Mau Dengar?

Data memungkinkan komposisi musik yang diturunkan dari struktur kosmos.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Alam semesta (ilustrasi).
Foto: www.kaheel7.com
Alam semesta (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON — Rilis Badan Antariksa AS (NASA) baru telah mengubah data astronomi menjadi suara. Data ini memungkinkan komposisi musik yang diturunkan dari struktur kosmos itu sendiri.

Proses yang oleh badan antariksa Amerika tersebut digambarkan sebagai sonifikasi mengambil titik data penting dalam gambar seperti galaksi, bintang, atau awan gas kosmik. Data memberi suara bervariasi, tergantung pada lokasi dan faktor lainnya.

Baca Juga

NASA merilis video baru termasuk representasi audio dari i Bullet Cluster, Crab Nebula dan akhirnya sisa supernova aneh bernama Supernova 1987A (SN 87A). Data yang digunakan untuk membuat sonifikasi Bullet Cluster dikumpulkan oleh Chandra X-ray Observatory dan Hubble Space Telescope. Struktur kosmik yang luas ini terkenal sebagai bukti langsung pertama dari materi gelap.

Pengamatan yang dilakukan oleh Hubble sering ditangkap di bagian optik dari spektrum elektromagnet. Artinya, pengamatan itu bisa terlihat dengan mata telanjang manusia. Sementara, Chandra telah dirancang untuk menangkap cahaya yang ada di bagian sinar-X dari spektrum tersebut, yang tidak akan terlihat oleh mata manusia.

NASA kali ini memberikan warna yang bisa dipahami pada cahaya. Dalam hal ini, data dari Chandra diwarnai dengan merah muda, yang memiliki etek ganda, yang memungkinkan orang-orang memvisualisasikan data melalui gambar diam yang menakjubkan.

Saat ini, NASA telah melangkah lebih jauh, memungkinkan orang-orang untuk mendengar suara kosmos. Data yang menunjukkan sifat materi gelap dari dua gugus galaksi yang bertabrakan yang membentuk gambar diwakili dengan nada frekuensi paling rendah. Sedangkan sinar X direpresentasikan dalam frekuensi yang lebih tinggi.

Untuk menambah variasi pada simfoni kosmik, titinada suara meningkat bergantung pada posisi data. Titik yang lebih dekat ke atas terdengar lebih tinggi daripada titik di dekat bagian bawah gambar.

Di area jantung Crab Nebula terletak sebuah bintang neutron yang berputar. Ini merupakan sisa-sisa tubuh bintang masif setelah kematiannya dalam ledakan supernova yang dramatis.

Materi yang terlepas selama fase sekarat itulah yang membentuk nebula gas di sekitarnya. Angin kuat diketahui melonjak keluar dari ekuator bintang neutron, sementara semburan materi dan anti-materi keluar dari daerah kutub, didorong oleh rotasinya dan sifat magnet yang kuat.

Hubble, Chandra dan data dari teleskop luar angkasa Spitzer digabungkan untuk menciptakan gambar yang mencolok ini.Untuk sonifikasi, kelompok instrumen yang berbeda ditugaskan untuk masing-masing panjang gelombang yang berbeda.

Instrumen dawai diaplikasikan pada data cahaya optik ungu Hubble. Sedangkan instrumen kuningan diaplikasikan pada data sinar-X Chandra putih dan biru.

Terakhir, kontribusi infra merah Spintzer, terlihat dalam warna merah jambu, dapat didengar sebagai suara tiup kayu. Sonifikasi terakhir adalah representasi audio selang waktu dari gelombang kejut yang terbentuk dan berdesir melalui massa material yang terbuang setelah ledakan supernova hebat lainnya yang dikenal sebagai 1987A.

Karya itu terdiri dari data yang dikumpulkan antara 1999 dan 2013 oleh teleskop antariksa Chandra dan Hubble. Lingkaran gas buangan dapat dilihat secara bertahap menjadi cerah saat gelombang kejut mengembang.

Data Hubble ditampilkan dalam gradasi warna merah dan oranye, sedangkan observasi sinar-X Chandra berwarna biru. Alih-alih sonifikasi menggeser dari kiri ke kanan, representasi audio melacak cincin puing yang diucapkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement