Kamis 10 Dec 2020 09:58 WIB

Xbox Cloud Gaming akan Hadir di iOS dan PC

Xbox Cloud Gaming akan hadir di iOS dan PC tahun depan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah
Foto: ilustrasi Xbox
Foto: gsm arena
Foto: ilustrasi Xbox

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa bulan setelah Xbox cloud gaming mendarat di perangkat Android, Microsoft telah mengungkapkan mereka akan menghadirkan layanan ke iOS dan Windows PC musim semi ini. Cloud gaming disertakan dengan langganan Game Pass Ultimate, yang biasanya berharga 15 dolar per bulan dan ada lebih dari 150 gim di streaming library.

Meskipun sudah dapat memainkan banyak judul Game Pass di PC (serta konsol Xbox, tentu saja), beralih ke streaming berarti pengguna tidak memerlukan perangkat yang kuat untuk menjalankan banyak layanan gim yang lebih menuntut. Pengguna dapat memainkannya melalui aplikasi Xbox atau browser web di PC selama ia memiliki koneksi internet yang cukup baik.

Baca Juga

Dilansir dari Engadget, Kamis (10/12), saat Halo Infinite akhirnya hadir pada musim gugur mendatang, pengguna akan bisa merasakan petualangan terbaru Master Chief di iPhone. Microsoft berencana membuat streaming gim berfungsi d perangkat iOS melalui browser web untuk melewati batasan sistem App Store yang diterapkan Apple pada layanan tersebut.

Platform streaming gim saingan Google Stadia, GeForce Now dan Amazon Luna semuanya juga berjalan sebagai aplikasi web iPhone dan iPad. Dalam unggahan blog yang mengumumkan berita iOS dan PC, Microsoft memuji keberhasilan peluncuran Xbox Series X dan Series S bulan lalu tanpa mengungkapkan berapa banyak konsol yang sebenarnya dijual. 

Dikatakan, keterlibatan Game Pass lebih dari dua kali lipat pada November dan lebih dari 40 persen pemain yang bergabung dengan ekosistem Xbox untuk pertama kalinya pada Seri S. Hal terakhir menyarankan pendatang baru menemukan biaya langsung 299 dolar untuk Seri S dan paket pembayaran Xbox All Access menjadi penghalang yang cukup rendah untuk masuk ke gim konsol generasi ini.

Microsoft mengatakan berencana memperluas cloud gaming ke lebih banyak pasar tahun depan. Baru-baru ini mulai menguji layanan di Australia, Brasil, Jepang dan Meksiko.

Sementara itu, kepala Xbox Phil Spencer baru-baru ini mengisyaratkan rencana dongle mirip Chromecast yang memungkinkan pengguna untuk streaming gim langsung ke TV pengguna. Jadi, streaming gim Xbox dapat dilakukan ke lebih banyak perangkat dalam waktu dekat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement