Sabtu 03 Apr 2021 12:30 WIB

Inggris Temukan 30 Pembekuan Darah Usai Divaksin Astrazeneca

Setidaknya 7 penerima AstraZeneca meninggal akibat pembekuan darah.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Indira Rezkisari
Vaksinator bersiap melakukan vaksinasi menggunakan vaksin Covid-19 Astrazeneca.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Vaksinator bersiap melakukan vaksinasi menggunakan vaksin Covid-19 Astrazeneca.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Regulator Inggris pada Kamis (1/4) waktu setempat mengatakan telah mengidentifikasi 30 kasus peristiwa pembekuan darah langka setelah divaksin Covid-19 AstraZeneca. Laporan terbaru ini adalah 25 kasus lebih banyak dari yang dilaporkan sebelumnya oleh regulator.

Badan Pengatur Produk Obat dan Kesehatan (MHRA) mengatakan, tidak menerima laporan peristiwa pembekuan setelah penggunaan vaksin yang dibuat oleh BioNTech SE dan Pfizer Inc. Pada Jumat (2/4), regulator obat mengatakan kepada Financial Times dan Guardian, bahwa tujuh penerima vaksin AstraZeneca telah meninggal setelah mendaftarkan kejadian pembekuan darah yang langka.

Baca Juga

Reuters tidak dapat segera mengonfirmasi angka dari MHRA setelah jam kerja. MHRA, Badan Obat Eropa dan Organisasi Kesehatan Dunia, telah menegaskan kembali bahwa manfaat vaksin dalam pencegahan Covid-19 jauh lebih besar daripada kemungkinan risiko pembekuan darah.

Beberapa negara membatasi penggunaan vaksin AstraZeneca, namun banyak juga negara yang telah melanjutkan inokulasi. Sebab penyelidikan terhadap laporan pembekuan darah yang jarang terjadi, dan terkadang parah, terus berlanjut.

Pada 18 Maret, regulator obat Inggris mengatakan, bahwa ada lima kasus pembekuan darah otak yang langka di antara 11 juta suntikan yang diberikan dari AStraZeneca. Pada Kamis, itu menghitung 22 laporan trombosis sinus vena serebral, penyakit pembekuan otak yang sangat langka, dan 8 laporan peristiwa pembekuan lainnya yang terkait dengan trombosit darah rendah dari total 18,1 juta dosis yang diberikan.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
ۨالَّذِيْنَ اُخْرِجُوْا مِنْ دِيَارِهِمْ بِغَيْرِ حَقٍّ اِلَّآ اَنْ يَّقُوْلُوْا رَبُّنَا اللّٰهُ ۗوَلَوْلَا دَفْعُ اللّٰهِ النَّاسَ بَعْضَهُمْ بِبَعْضٍ لَّهُدِّمَتْ صَوَامِعُ وَبِيَعٌ وَّصَلَوٰتٌ وَّمَسٰجِدُ يُذْكَرُ فِيْهَا اسْمُ اللّٰهِ كَثِيْرًاۗ وَلَيَنْصُرَنَّ اللّٰهُ مَنْ يَّنْصُرُهٗۗ اِنَّ اللّٰهَ لَقَوِيٌّ عَزِيْزٌ
(yaitu) orang-orang yang diusir dari kampung halamannya tanpa alasan yang benar, hanya karena mereka berkata, “Tuhan kami ialah Allah.” Seandainya Allah tidak menolak (keganasan) sebagian manusia dengan sebagian yang lain, tentu telah dirobohkan biara-biara Nasrani, gereja-gereja, rumah-rumah ibadah orang Yahudi dan masjid-masjid, yang di dalamnya banyak disebut nama Allah. Allah pasti akan menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sungguh, Allah Mahakuat, Mahaperkasa.

(QS. Al-Hajj ayat 40)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement