Kamis 29 Apr 2021 15:01 WIB

Prodi Biologi UMM Peroleh Hibah CoE Merdeka Belajar

Program unggulan Edu-Preuneurship ini memiliki enam sub kegiatan.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Kampus UMM.
Foto: Dokumen.
Kampus UMM.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Program Studi (Prodi) Biologi berhasil mendapatkan program hibah Centre of Excellence (CoE) Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Hal ini tertuang melalui surat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) pada Senin (5/4).

Ketua Tim CoE, Nurwidodo, menjelaskan Prodi Pendidikan Biologi dalam beberapa waktu terakhir telah memfokuskan diri untuk menyelaraskan pendidikan dan kewirausahaan. Hal itu disadari dapat menjawab tantangan era disrupsi saat ini. "Konsep Edu-Preuneurship merupakan salah satu kunci keberhasilan Prodi Pendidikan Biologi di CoE," kata Nurwidodo.

Konsep Edu-Preuneurship hadir dengan menggabungkan antara konsep Education (pendidikan) dan Enterpreunership (kewirausahaan). Dua konsep tersebut telah menjadi keunggulan Prodi Pendidikan Biologi UMM selama ini.

Program unggulan Edu-Preuneurship ini memiliki enam sub kegiatan. Kegiatan ini meliputi magang kewirausahaan dan KKN tematik membangun desa. Selain itu juga mencakup asistensi mengajar sekolah tertinggal,  pertukaran pelajar serta penelitian. Tidak ketinggalan sosialisasi implementasi MBKM ke prodi mitra.

Menurut Nurwidodo, salah satu agenda inti CoE itu menjadi role model bagi prodi lain yang masih belum menerapkan MBKM. Artinya, program ini akan disosialisasikan dan dijelaskan ke tiga prodi di UMM seperti Prodi PPKn, Prodi Kehutanan, dan Prodi Manajemen.

"Tidak hanya itu, program ini juga akan dijelaskan kepada mitra di luar UMM yakni Universitas Muhammadiyah Kupang dan STKIP Sumenep,” ujarnya.

Terpisah,  Ketua Prodi Pendidikan Biologi, UMM, Iin Hindun, berharap program ini dapat berkembang dengan baik. Selain itu juga, mampu diimplementasikan dengan lancar dan benar.

 

Iin ingin Prodi Pendidikan Biologi UMM dapat mengembangkan keenam kegiatan program unggulan MBKM. Hal ini akan menjadikan Prodi Biologi sebagai oase yang menebarkan kebermanfaatan. "Dan kebaikan untuk mahasiswa dan juga institusi serta masyarakat secara luas,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement