Laju Pertumbuhan Penduduk di Yogyakarta 1,2 Persen

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Dwi Murdaningsih

| Foto:

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta mengatakan, laju pertumbuhan penduduk berada di angka 1,2 persen. Artinya, rata-rata satu orang di Kota Yogyakarta tidak sampai mempunyai dua anak. 

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, pentingnya pengendalian laju pertumbuhan penduduk di masyarakat. Salah satunya melalui pembentukan keluarga yang berkualitas. 

 

"Keluarga berkualitas dapat terbentuk dari pernikahan dua orang yang benar-benar sudah siap dan matang," kata Heroe saat mengukuhkan Kampung KB Kricak Kidul, Yogyakarta dalam agenda rutin Dodolon Kampung, Jumat (29/10). 

Baca Juga

 

Menurutnya, siap dalam artian sudah memiliki kematangan psikologis, ekonomi dan sosial. Selain itu, katanya, juga menghindari pernikahan dini bagi calon mempelai yang belum siap. 

 

"Itu juga bisa berisiko untuk calon anak karena bisa jadi gizinya tidak tercukupi, sehingga terjadilah stunting," ujar Heroe. 

 

Heroe berharap, melalui Dodolan Kampung ini dapat memenuhi kebutuhan gizi masyarakat. Terlebih, pihaknya juga berkomitmen untuk mewujudkan zero stunting. 

 

"Kalau ada ibu hamil, kita juga harus memberikan perhatian benar-benar. Ada petugas dan sesama warga yang benar-benar memperhatikan," jelasnya. 

 

Dalam agenda tersebut, pihaknya juga membagikan 50 paket sembako kepada warga yang membutuhkan. Mulai dari lanjut usia (lansia), warga disabilitas dan keluarga kurang mampu yang terdampak pandemi Covid-19. 

 

 

Terkait


Bupati Klaim Angka Stunting di Kabupaten Malang Terus Turun

Pemerintah Agar Perhatikan Kesejahteraan Penyuluh KB

Puskesmas di Malang Berhasil Turunkan Angka Stunting

Balita Stunting di Kabupaten Cirebon Meningkat

Pandemi Covid-19 Berdampak pada Upaya Penurunan Stunting

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark