Selasa 07 Dec 2021 07:36 WIB

Pesan WhatsApp Kini Bisa Hilang Otomatis dalam 90 Hari

Fitur WhatsApp 'disappearing messages' kini bisa diatur hingga 90 hari.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Nora Azizah
Fitur WhatsApp 'disappearing messages' kini bisa diatur hingga 90 hari.
Foto: EPA-EFE/IAN LANGSDON
Fitur WhatsApp 'disappearing messages' kini bisa diatur hingga 90 hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk meningkatkan kepuasan pengguna, aplikasi pesan WhatsApp mengumumkan membuat versi baru fitur Disappearing Messages atau pesan yang hilang pada Senin. Ini membuat pengguna memiliki banyak pilihan untuk mengontrol pesan yang hilang. Pengguna dapat mengaktifkan pesan yang menghilang secara default untuk semua obrolan baru dan dapat memilih lama waktu yang dimiliki hingga pesan menghilang otomatis selama 90 hari.

Saat Anda mengaktifkan fitur ini, setiap obrolan satu lawan satu yang Anda atau orang lain mulai akan diatur untuk menghilang setelah jumlah waktu yang Anda pilih, yaitu 24 jam, tujuh hari, atau 90 hari. WhatsApp juga menambahkan pilihan untuk mengaktifkan pesan yang hilang saat Anda membuat obrolan grup.

Baca Juga

Fitur ini opsional dan tidak mengubah atau menghapus obrolan Anda yang ada. Namun, ketika Anda mengaktifkan fitur Disappearing Messages, WhatsApp akan menampilkan pesan di obrolan Anda yang memberi tahu orang-orang bahwa ini adalah opsi default yang Anda pilih.

Cara membuat pesan WhatsApp Anda hilang secara default

Dikutip Cnet, Selasa (7/12), baik pengguna WhatsApp di iPhone atau Android, mengaktifkan fitur Disappearing Messages secara default tampaknya hanya membutuhkan beberapa langkah. Menurut halaman bantuan WhatsApp tentang pesan yang hilang, setelah Anda membuka aplikasi dan pergi ke pengaturan, ketuk akun lalu privasi dan terakhir pengatur waktu pesan default. Di sana, Anda dapat mengaktifkan fitur Disappearing Messages dan memilih waktu yang Anda inginkan.

WhatsApp menekankan Anda hanya boleh menggunakan pesan yang hilang dengan orang-orang tepercaya. Meskipun aplikasi membuat pesan Anda hilang setelah jangka waktu tertentu, mungkin saja orang yang Anda ajak ngobrol dapat meneruskan, menyalin, menyimpan, atau mengambil tangkapan layar pesan sebelum menghilang.

WhatsApp memperkenalkan fitur ini pada November 2020. Awalnya fitur ini hanya berfungsi untuk obrolan individu dan durasi waktu sebelum pesan menghilang adalah tujuh hari. Awal tahun ini, WhatsApp menambahkan View Once, sebuah fitur yang menyebabkan video dan gambar menghilang dari obrolan setelah dibuka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement