Senin 07 Feb 2022 00:02 WIB

Tidak Tes, Gimana Cara Bisa Tahu Kita Sudah Pernah Kena Covid-19?

Gejala Omicron yang ringan banyak membuat orang mengabaikan tes Covid-19.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Gejala Omicron yang ringan banyak membuat orang mengabaikan tes Covid-19.
Foto: Pixabay
Gejala Omicron yang ringan banyak membuat orang mengabaikan tes Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Varian Omicron kembali meradang dan menimbulkan lonjakan kasus di berbagai negara termasuk Indonesia. Gejalanya yang cenderung ringan membuat banyak orang mengabaikan tes Covid-19 ketika merasakan gejala, dan memilih untuk istirahat.

Hal ini kemudian menimbulkan pertanyaan baru bagi sebagian orang: apakah saya sudah pernah terinfeksi dan bagaimana cara untuk mengetahui dengan pasti? Salah satu caranya bisa dengan tes antibodi.

Baca Juga

Tes antibodi dapat digunakan pada sampel darah individu, untuk menentukan apakah kemungkinan seseorang telah terinfeksi sebelumnya. Wakil presiden Asosiasi Medis Australia, Chris Moy, mengatakan tes antibodi hanya boleh digunakan jika ada alasan klinis yang jelas. Misalnya ketika pasien datang dengan gejala covid yang berkelanjutan dan konsisten, tetapi tidak yakin apakah mereka terkena virus.

Bagaimana cara kerja tes antibodi? Karena vaksin hanya menargetkan protein lonjakan virus, ahli patologi dapat membedakan antara antibodi yang disebabkan oleh vaksin dibandingkan dengan yang disebabkan oleh infeksi alami.

Sederhananya, jika seseorang hanya memiliki antibodi lonjakan, maka kemungkinan besar mereka sudah divaksin tetapi tidak terinfeksi. Jika protein lain yang disebut nukleokapsid muncul di samping protein lonjakan, itu menunjukkan mereka telah terinfeksi di masa lalu.

Ada juga batasan pada kerangka waktu untuk tes antibodi. Para ahli memperkirakan antibodi berkembang sekitar dua minggu setelah infeksi dan harus bertahan setidaknya selama enam bulan, tetapi ini bisa berbeda dari orang ke orang.

"Orang lanjut usia atau orang dengan gangguan kekebalan mungkin tidak pernah mengembangkan respons antibodi yang dapat dideteksi terhadap infeksi Covid-19," kata Dr Moy.

Ahli epidemiologi dari Melbourne School of Population and Global Health, Tony Blakely, mengatalan bahwa tes ini paling berguna pada tingkat populasi untuk tujuan perencanaan pandemi.

"Apakah semua orang perlu tahu ? Mungkin tidak. Saya RAT negatif. Saya 95 persen yakin saya benar-benar menderita Covid. Saya sudah divaksin, apakah saya perlu tahu apakah saya memiliki Omicron dengan akurasi lebih dari itu? Tidak, tidak juga, saya hanya mendapatkan melanjutkan hidupku," kata Prof Blakely.

Di sisi lain, para ahli juga memperkirakan ada banyak kasus Covid-19 yang tidak terdeteksi. Meskipun tidak ada cara untuk mengetahui jumlah pasti kasus yang tidak tercatat, Prof Blakely mengandalkan aturan praktis: setiap orang yang dites positif, ia memperkirakan empat infeksi lainnya tidak termasuk dalam statistik.

Baca juga : Sampel RSPI Ungkap Pentingnya Vaksin Covid-19 Kurangi Risiko Kematian

"Banyak yang terlalu meremehkan. Hal ini didorong oleh sistem pengawasan yang lemah, orang-orang dengan gejala ringan merasa tidak terganggu, dan orang tanpa gejala mereka tidak punya alasan untuk melakukan tes," kata Blakely seperti dilansir dari ABC News, Senin (7/2/2022).

Institute of Health Metrics and Evaluation memperkirakan antara 80-90 persen kasus Omicron secara global tidak menunjukkan gejala atau dengan gejala yang sangat ringan. Minggu ini, Queensland Health merilis hasil survei pengujian Covid-19 secara acak yang dilakukan di Gold Coast, yang menemukan bahwa 90 persen orang yang dinyatakan positif oleh tes PCR tidak tahu bahwa mereka memiliki virus.

"Angka kasar, mungkin setelah gelombang ini, sekitar setengah dari kita akan terinfeksi," kata Profesor Blakely.

Baca juga : Transmisi Lokal Omicron Merebak, Epidemiolog Imbau Maksimalkan Isoter

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement