Sabtu 12 Feb 2022 05:05 WIB

7 Makanan yang Bantu Redakan Kecemasan

Makanan seringkali menjadi pelarian saat seseorang merasakan kecemasan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Makanan seringkali menjadi pelarian saat seseorang merasakan kecemasan.
Foto: www.freepik.com.
Makanan seringkali menjadi pelarian saat seseorang merasakan kecemasan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makanan sering kali menjadi pelarian ketika seseorang sedang merasa stres dan cemas. Akan tetapi, tak jarang orang-orang memilih makanan yang kurang sehat untuk meredakan kecemasan mereka, seperti fast food atau makanan proses tak bergizi.

Ahli gizi Vidhi Chawla mengatakan ada beberapa pilihan asupan sehat yang bisa membantu menurunkan kecemasan. Makanan dan minuman ini tak hanya menyehatkan dan bergizi, tetapi juga lezat. Berikut ini adalah tujuh rekomendasi asupan bergizi untuk meringankan kecemasan dari Vidhi, seperti dilansir PinkVilla, Sabtu (12/2/2022).

Baca Juga

Beri

Saat merasa cemas, sebagian orang kerap merasa ingin memakan sesuatu yang manis. Hal ini bisa dipenuhi dengan mengonsumsi buah beri. Selain memiliki rasa yang manis, buah beri kaya akan antioksidan dan vitamin C. 

Teh

Sebagian orang kerap lari ke minuman beralkohol atau minuman manis ketika merasa cemas. Kedua minuman ini sebenarnya tak membantu meredakan kecemasan dan berpotensi memberi pengaruh buruk.

Teh bisa menjadi minuman alternatif yang dapat membantu. Teh lavender, kamomil, dan teh hijau mengandung antioksidan yang dapat menenangkan saraf-saraf. Manfaat lain dari minum teh adalah mempermudah tidur dan membantu detoksifikasi.

Cokelat

Jenis cokelat yang dapat membantu meringankan kecemasan adalah dark chocolate atau cokelat hitam. Jenis cokelat ini mengandung antioksidan yang memberikan manfaat baik dalam meredakan kecemasan.

Kacang

Beragam jenis kacang-kacangan seperti kenari dan almond diketahui merupakan sumber antioksidan sekaligus protein yang baik. Kacang juga mengandung magnesium yang membantu neurotransmiter tubuh dan menunjang fungsi otak. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement