Ahad 13 Feb 2022 20:19 WIB

Medvedev Diprediksi Geser Djokovic dari Peringkat Satu Dunia Bulan Ini

Kunci terbesar Medvedev untuk mengukir sejarah baru ada di ATP 500 Mexico Open.

Red: Israr Itah
Daniil Medvedev dari Rusia.
Foto: AP/Hamish Blair
Daniil Medvedev dari Rusia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Petenis peringkat dua dunia asal Rusia, Daniil Medvedev, punya peluang besar untuk menggeser singgasana peringkat teratas ATP Tour yang kini diduduki Novak Djokovic pada akhir bulan Februari. Kunci terbesar Medvedev untuk mengukir sejarah baru dalam karier tenisnya itu ialah dengan memenangkan gelar dari ATP 500 Mexico Open di Acapulco yang berlangsung pada 21-26 Februari, sebagaimana laporan ATP, Ahad (13/2/2022).

Jika Medvedev memenangi turnamen level ATP 500 itu, maka pada 28 Februari ia dipastikan akan menjadi petenis ke-27 yang mencapai posisi teratas. Sementara Djokovic, yang pada pelaksanaan Mexico Open akan memegang rekor 361 pekan, tak punya kendali untuk menghentikan Medvedev jika petenis Rusia itu sukses mengangkat piala.

Baca Juga

Petenis Serbia itu juga berkompetisi pada 21 Februari di Dubai. Selain prediksi di atas, ada skenario lain di mana Medvedev bisa mencapai nomor satu dunia jika tak memenangkan gelar di Acapulco. Namun, ini juga membuka peluang bagi Djokovic untuk mempertahankan posisinya di puncak gunung tenis jika menang di Dubai.

Saat ini, Djokovic menduduki peringkat satu dunia setidaknya selama 86 pekan berturut-turut. Catatan terlamanya di puncak klasemen berlangsung selama 122 pekan, terhitung dari 7 Juli 2014 hingga 6 November 2016. Jika Medvedev menjadi peringkat satu dunia, ia akan menjadi petenis Rusia ketiga yang mencapai prestasi tersebut, bergabung dengan Yevgeny Kafelnikov (1999) dan Marat Safin (2000-01). 

Medvedev juga akan bergabung dengan Andy Murray sebagai satu-satunya petenis peringkat pertama dunia sejak Djokovic pertama kali mencapai posisi teratas pada Juli 2011. Petenis terakhir di luar empat besar, yakni Djokovic, Roger Federer, Murray dan Rafael Nadal, yang memegang posisi nomor satu lainnya adalah Andy Roddick pada 1 Februari 2004.

Berikut skenario di mana Medvedev akan naik ke peringkat 1 Dunia pada 28 Februari.

1. Medvedev memenangkan gelar Acapulco, tak terpengaruh dari apapun hasil Djokovic di Dubai

2. Medvedev mencapai final Acapulco dan Djokovic tidak memenangkan gelar Dubai

3. Medvedev mencapai semifinal Acapulco dan Djokovic tidak mencapai final Dubai

4. Medvedev mencapai perempat final Acapulco dan Djokovic tidak mencapai semifinal Dubai

5. Medvedev mencapai babak kedua di Acapulco dan Djokovic tidak mencapai semifinal Dubai

6. Medvedev kalah di babak pertama di Acapulco dan Djokovic tidak mencapai perempat final Dubai

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement