Kamis 17 Feb 2022 16:27 WIB

Pameran The Little Prince di Paris Tampilkan Sisi Lain Pengarang

Novel The Little Prince termasuk karya sastra paling banyak diterjemahkan di dunia.

Red: Reiny Dwinanda
Edisi orisinal The Little Prince dengan tulisan tangan pengarangnya, Antoine de Saint Exupery, dipamerkan di
Foto: EPA
Edisi orisinal The Little Prince dengan tulisan tangan pengarangnya, Antoine de Saint Exupery, dipamerkan di

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah pameran naskah bertajuk "A la rencontre du Petit Prince" digelar untuk menampilkan karya pengarang The Little Prince, Antoine de Saint-Exupery. Lusinan gambar yang dibuat pengarang itu tampak menonjolkan sisi lain bakatnya sebagai ilustrator.

Naskah asli Le Petit Prince atau The Little Prince dimiliki oleh The Morgan Library & Museum di New York, Amerika Serikat. Saint-Exupery menulis novel itu di Amerika pada 1942.

Novel The Little Prince termasuk salah satu karya sastra yang paling banyak diterjemahkan di dunia. Pameran ini diselenggarakan di Musee des Arts Decoratifs di Paris, Prancis.

Pameran juga menampilkan ilustrasi cat air dan gambar lain. Salah satunya ialah surat yang menunjukkan bahwa Saint-Exupery adalah seorang seniman grafis yang produktif.

"Sungguh menyentuh melihat bagaimana Saint-Exupery perlu menggambar untuk mengekspresikan dirinya. Dia dikenal sebagai penulis dan penerbang, tapi di sini kami juga menemukan dia sebagai ilustrator," kata kurator Paris Museum of Decorative Arts, Anne Monier Vanryb, dikutip Reuters pada Kamis (17/2/2022).

Gambar yang dipamerkan termasuk sketsa yang menunjukkan tokoh pangeran kecil tengah bersama anjing, parkit, dan siput. Bukan karakter rubah, seperti yang ditampilkan dalam versi final cerita dan gambar yang saat ini dikenal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement