Ahad 17 Apr 2022 17:10 WIB

Ketegangan Kembali Berkobar Saat Polisi Israel Memasuki Masjid Al-Aqsa

Setidaknya 10 orang dilaporkan terluka ketika polisi Israel melakukan serangan kedua di masjid sejak Jumat.

Rep: Muhammad Subarkah/ Red: Partner
.
.

Pihak berwenang Israel mengatakan mereka memasuki kompleks pada hari Minggu untuk memfasilitasi kunjungan rutin oleh orang-orang Yahudi [Mostafa Alkharouf/Anadolu]
Pihak berwenang Israel mengatakan mereka memasuki kompleks pada hari Minggu untuk memfasilitasi kunjungan rutin oleh orang-orang Yahudi [Mostafa Alkharouf/Anadolu]

Polisi Israel telah memasuki kompleks Masjid Al-Aqsa ketika jamaah berkumpul untuk sholat subuh, dua hari setelah menahan ratusan orang di lokasi tersebut dalam serangan lain di masjid.

Pihak berwenang Israel mengatakan mereka memasuki kompleks pada hari Minggu untuk memfasilitasi kunjungan rutin oleh orang-orang Yahudi ke tempat suci dan bahwa orang-orang Palestina telah menimbun batu dan mendirikan penghalang di kompleks tersebut.

Polisi membersihkan warga Palestina dari lapangan terbuka yang luas di luar masjid, sementara puluhan orang tetap berada di dalam.

Sedikitnya 10 orang terluka, menurut Palang Merah Palestina, dan tiga orang dipindahkan ke rumah sakit. Organisasi itu mengatakan mereka dicegah untuk mengakses kompleks itu tetapi membantu mereka yang dipukuli atau terluka oleh peluru berlapis karet di dekat Bab al-Asbat.

Dua warga Palestina ditangkap. Ini mengacu laporan kantor berita The Associated Press.

Pemukim Yahudi dikawal oleh pasukan Israel

Orang-orang Yahudi yang dikawal oleh pasukan Israel memasuki Kompleks Masjid Al-Aqsa [Mostafa Alkharouf/Anadolu]
Orang-orang Yahudi yang dikawal oleh pasukan Israel memasuki Kompleks Masjid Al-Aqsa [Mostafa Alkharouf/Anadolu]

Natasha Ghoneim dari Al Jazeera, melaporkan dari Yerusalem Timur yang diduduki, mengatakan serangan itu terjadi sebelum jangka waktu tiga jam di mana non-Muslim diizinkan untuk mengunjungi kompleks tersebut, tempat tersuci ketiga dalam Islam dan paling suci bagi orang Yahudi, yang merujuk pada itu sebagai Bukit Bait Suci.

Ketegangan meningkat setelah kelompok sayap kanan Yahudi Return to Temple Mount menawarkan hadiah uang tunai kepada siapa saja yang pergi ke Masjid Al-Aqsa dan mengorbankan seekor kambing – sebuah ritual keagamaan Yahudi yang dilarang di dalam masjid dan itu akan menjadi provokasi lebih lanjut. .

“Ini tidak terjadi tetapi menjadi viral di media sosial,” kata Ghoneim, menambahkan bahwa itu berkontribusi pada peningkatan ketegangan.

Lebih dari 300 warga Palestina ditahan pada hari Jumat dalam apa yang dikatakan oleh pengawas hak asasi manusia sebagai penangkapan massal terbesar selama satu jam dan di satu lokasi dalam lebih dari 20 tahun.

Setidaknya 158 warga Palestina terluka dalam kekerasan berikutnya.Yang lain menunjukkan jamaah membarikade diri mereka di dalam masjid di tengah apa yang tampak seperti awan gas air mata.

Video yang beredar online pada hari Jumat menunjukkan polisi menembakkan gas air mata dan granat kejut dan warga Palestina melemparkan batu kembali.

Yang lain menunjukkan jamaah membarikade diri mereka di dalam masjid di tengah apa yang tampak seperti awan gas air mata.

Tetapi juru kamera Palestina Rami al-Khatib, yang menyaksikan serangan itu, mengatakan: “Mereka [pasukan Israel] secara brutal mengosongkan kompleks itu. Mereka menyerang staf masjid, orang biasa, orang tua, orang muda.

“Ada banyak orang yang terluka, mereka menembakkan peluru karet di dalam kompleks Masjid Al-Aqsha. Mereka memukuli semua orang, bahkan paramedis, mereka memukul mereka,” kata al-Khatib, yang mengalami patah tangan.

Dua warga Palestina ditangkap dan dua terluka [Mostafa Alkharouf/Anadolu]
Dua warga Palestina ditangkap dan dua terluka [Mostafa Alkharouf/Anadolu]

Polisi Israel mengatakan mereka memasuki kompleks pada hari JumDua warga Palestina ditangkap dan dua terluka [Mostafa Alkharouf/Anadolu]at untuk membubarkan kerumunan "kekerasan" yang tersisa di akhir sholat subuh.

Palestina telah lama khawatir bahwa Israel berencana untuk mengambil alih kompleks Masjid Al-Aqsha atau membaginya.

Pihak berwenang Israel mengatakan mereka berkomitmen untuk mempertahankan status quo, tetapi dalam beberapa tahun terakhir kelompok besar nasionalis dan agama Yahudi telah secara teratur mengunjungi situs tersebut dengan pengawalan polisi, sesuatu yang dilihat orang Palestina sebagai provokasi.

Warga Palestina dan Israel telah menyaksikan peningkatan kekerasan selama sebulan terakhir, dengan pasukan Israel meningkatkan serangan, penembakan dan penangkapan di Tepi Barat yang diduduki dan penyerang Palestina yang menargetkan orang-orang di kota-kota Israel.

Empat serangan oleh warga Palestina di empat kota Israel telah terjadi sejak 22 Maret, menewaskan 14 orang, sementara Israel telah meningkatkan serangannya di kota-kota dan desa-desa Palestina, yang mengarah pada kekerasan dan penangkapan.

Enam belas warga Palestina tewas dalam periode yang sama.

Warga Palestina mengatakan pecahnya kekerasan terbaru berasal dari frustrasi atas kebijakan Israel terhadap mereka, pendudukan yang berkelanjutan atas wilayah Palestina, dan kepemimpinan Palestina yang lemah.

Ratusan warga Palestina di Jalur Gaza turun ke jalan untuk memprotes pasukan Israel yang membobol Masjid Al-Aqsha pada hari Jumat, untuk menunjukkan dukungan bagi orang-orang yang tinggal di Tepi Barat yang diduduki.

Tahun lalu, penggerebekan Masjid Al-Aqsa oleh pasukan keamanan Israel selama bulan suci Ramadhan meningkatkan ketegangan lebih lanjut dan, empat hari kemudian, serangan 11 hari Israel di Gaza dimulai, seolah-olah sebagai tanggapan atas roket yang ditembakkan oleh Hamas ke Israel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement