Senin 01 Aug 2022 21:25 WIB

Pemkot Pekalongan akan Rehabilitasi 444 Rumah tak Layak Huni

Pemkot Pekalongan terus berupaya menuntaskan rehab RTLH

Red: Nur Aini
Seorang anak melintasi rumah tak layak huni, ilustrasi
Foto: ANTARA/Asep Fathulrahman
Seorang anak melintasi rumah tak layak huni, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PEKALONGAN -- Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, pada tahun ini siap merehabilitasi 444 rumah tidak layak huni (RRTLH) milik warga kurang mampu.

Kepala Bidang Perumahan Rakyat Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Pekalongan Heryu Purwanto di Pekalongan, Senin (1/8/2022), mengatakan bahwa pemkot terus berupaya menuntaskan rehab RTLH dengan mengalokasikan anggaran rumah warga keluarga penerima manfaat (KPM) kurang mampu untuk dilakukan pemugaran.

Baca Juga

"Total besaran program RTLH ini, setiap KPM akan mendapat bantuan sebesar Rp10 juta yang penggunaanya Rp8,5 juta untuk bantuan pembelian material dan Rp1,5 juta untuk upah tukang yang diserahkan kepada masing-masing KPM," katanya.

Menurut dia, jumlah rumah tidak layak huni yang akan direhabilitasi pada 2022 tersebut meningkat dibanding tahun sebelumnya sebanyak 374 rumah. Adapun realisasi capaian pelaksanaan rehabilitasi RTLH pada 2021 yang menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sebanyak 244 rumah, Dana Alokasi Khusus (DAK) 130 rumah, dan dana program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) sebanyak 8 rumah.

"Progres saat ini adalah program RTLH 2022 masih dalam tahap sosialisasi pada warga melalui kelurahan terkait dengan perencanaan transfer uang bantuan dan alat-alatnya," katanya.

Heryu Purwanto mengatakan para penerima rehab RTLH sebagian besar warga yang tinggal di wilayah Kecamatan Pekalongan Utara yang rumahnya sering terdampak banjir dan rob. Adapun untuk pekerjaan fisik sudah mulai pengiriman material dan persiapan tukang yang diserahkan semuanya ke penerima manfaat sedang Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman senantiasa mendampingi agar tidak salah dalam pelaksanaannya nanti.

"Program RTLH ini memang dari usulan warga yang membutuhkan yang disampaikan kepada DPRD dan ditindaklanjuti oleh dinas terkait," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement