Selasa 23 Aug 2022 09:37 WIB

Siswi Muslim di Malden Dapat Teguran karena Berjilbab

Siswi Muslim dianggap melakukan pelanggaran seragam karena jilbab.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Siswi Muslim di Malden Dapat Teguran Karena Berjilbab. Foto: Ilustrasi Islamofobia
Foto: Foto : MgRol_93
Siswi Muslim di Malden Dapat Teguran Karena Berjilbab. Foto: Ilustrasi Islamofobia

REPUBLIKA.CO.ID,MALDEN — Seorang siswi Muslim kelas delapan di kota Malden, Massachusetts, Amerika Serikat mendapatkan surat teguran dari pihak sekolah. Ia dianggap melakukan pelanggaran seragam karena mengenakan jilbab. Berdasarkan kebijakan sekolah jilbab hanya bisa dikenakan setelah siswi memiliki surat dari ulama setempat dan menyerahkan ke sekolah. 

Seperti dilansir Middle East Eye pada Selasa (23/8/2022) Insiden itu terjadi pada 18 Agustus, hari pertama kelas di Mystic Valley Regional Charter School (MVRCS). Siswi kelas delapan menerima formulir kepatuhan seragam sekolah yang menyatakan bahwa ada aspek dari seragam yang tidak sesuai yakni karena memakai jilbab. 

Baca Juga

Dalam sebuah posting yang menjadi viral, saudara perempuan siswi tersebut mengatakan bahwa gadis itu pulang ke rumah sambil menangis dan dalam keadaan emosional hingga   menolak untuk pergi ke sekolah. 

Kakaknya menulis bahwa sepuluh tahun yang lalu ketika dia sendiri di kelas lima, dia dipaksa untuk tinggal di kantor tahanan sampai orang tuanya memperoleh surat dari seorang pemimpin agama yang mengatakan bahwa ini adalah bagian dari agama Muslim untuk wanita Muslim untuk berpakaian sopan.

Di situs web sekolah di bawah bagian tentang kami, ada dua foto yang menunjukkan gadis-gadis mengenakan jilbab. Menurut direktur eksekutif CAIR-Massachusetts Tahirah Amatul-Wadud, banyak gadis yang muncul setelah kejadian ini untuk mengatakan bahwa mereka telah mengalami hal yang sama di masa lalu.

"Mereka datang dan berkata, kami semua diminta untuk melakukan ini dan banyak dari kami memiliki pelanggaran disiplin dalam berkas kami. Jadi kami melihat secara global menangani apa yang telah dihadapi para siswa. Hanya karena Anda dapat meminta siswa untuk memberikan (surat akomodasi) tidak berarti Anda harus dan kami pikir mereka harus segera menghapus kebijakan itu hari ini." kata Amatul-Wadud kepada MEE.

Wali Kota Melden, Gary Christenson mengatakan bahwa dia sedih mengetahui masalah ini. “Saya mengerti bahwa MVRCS telah teguh dalam komitmen terhadap kebijakan seragamnya, namun, sebagai anggota terkemuka dari komunitas Muslim kami menyatakan, mengenakan jilbab adalah hak yang dilindungi, itu bukan bagian dari seragam dan tidak boleh dipandang seperti itu," katanya dalam sebuah pernyataan.

Dia mengatakan bahwa dirinya berbicara dengan pengawas sekolah dan ketua dewan sekolah serta mendorong untuk membuat kebijakan yang mencerminkan pendekatan berpikir terbuka.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement