Senin 05 Sep 2022 13:14 WIB

NIC Hadirkan Gallery Karya Inovasi Mahasiswa di Nusa Mandiri JIF 2022

Papan Gallery Inovasi menampilkan karya dan prestasi para mahasiswa UNM

Red: Christiyaningsih
Papan Gallery Inovasi menampilkan karya dan prestasi para mahasiswa UNM.
Foto: UNM
Papan Gallery Inovasi menampilkan karya dan prestasi para mahasiswa UNM.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Dalam event Nusa Mandiri JIF (Job Career and Internship Festival) 2022, Nusa Mandiri Career Center (NCC) juga turut berpartisipasi. Nusa Mandiri JIF merupakan pameran bursa kerja yang membuka kesempatan berkarier dengan luas dan kesempatan magang untuk mahasiswa, alumni, dan masyarakat umum.

Nusa Mandiri JIF menghadirkan banyak informasi seputar karier serta informasi internship, scholarship, innovation, dan startup. Pameran ini juga menjadi tempat untuk Nusa Mandiri Innovation Center (NIC) dan Bidang II Non-Akademik UNM dengan menampilkan karya-karya mahasiswa melalui Papan Gallery Inovasi.

Baca Juga

Ummu Radiyah selaku kepala bagian NIC mengatakan lewat Papan Gallery Inovasi ini NIC menampilkan karya inovasi mahasiswa dan video-video karya/produk inovasi mahasiswa serta video prestasi mahasiswa, baik prestasi akademik maupun non-akademik. “NIC merupakan salah satu unit di bawah naungan UNM turut membuka pameran Gallery dan Video Inovasi Mahasiswa yang bertajuk Berani Berinovasi,” terangnya dalam rilis yang diterima, Jumat (2/9/2022). 

Ia menjelaskan inovasi menuntut aspek kreativitas bagi mahasiswa, kebanyakan dari mahasiswa berkarya di bidang mobile programming, web programming, internet of things (IoT), cloud computing, dan lain-lain. Namun, kreativitas yang telah berkembang ini tidak dapat dibatasi bentuknya dan masih dapat dikembangkan lagi.

“Pameran hasil karya mahasiswa inovasi ini diselenggarakan di lobi lantai I, Tower UNM kampus Jatiwaringin bersamaan dengan event Nusa Mandiri JIF 2022,” katanya. 

Staf Wakil Rektor II Bidang Non-Akademik Taopik Hidayat menyebut pengunjung Nusa Mandiri JIF 2022 sangat ramai mulai dari siswa-siswi SMA/SMK, mahasiswa, lulusan/alumni, dosen, hingga pengunjung umum hadir dan melihat karya yang dipamerkan. “Mahasiswa menunjukkan kreasi atau inovasi dan video prestasi mahasiswa yang pernah mengikuti Program MSIB (Magang dan Studi Independen Bersertifikat) Kampus Merdeka. Selain itu, terdapat mahasiswa Prodi Sistem Informasi dan Prodi Informatika yang menjadi mahasiswa komunitas inovasi,” ungkap Taopik. 

Selain produk dari mahasiswa MSIB, ada pula hasil dari mahasiswa yang pernah mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Ada pula beragam penelitian maupun lomba-lomba yang diikuti para mahasiswa dari Prodi Informatika, Sistem Informasi, maupun dari tingkat Prodi Ilmu Komputer (S2) UNM. 

“Salah satunya video presentation competition IEEE ICTS 2021: The 13th International Conference on Information Communication Technology and System yang tahun lalu meraih 2nd runner up dalam IEEE ICTS 2021,” bebernya.

Taopik menambahkan penayangan video prestasi juga hadir di Nusa Mandiri JIF 2022. Video tersebut menayangkan prestasi mahasiswa-mahasiswi UNM baik yang mengikuti lomba di tingkat nasional maupun internasional dan lomba di bidang akademik maupun non-akademik. 

“Tujuan menampilkan karya atau produk inovasi dalam bentuk video dan poster inovasi untuk memberikan wawasan dan pendekatan terhadap sesama civitas, siswa, mahasiswa dan alumni, perusahaan, dan peserta umum yang hadir serta harapan ke depannya agar mahasiswa dari seluruh prodi di UNM dapat menampilkan karya inovasinya masing-masing. Sehingga mahasiswa dan seluruh civitas akademika dapat terus berinovasi dan dapat menampilkan karya inovasinya serta bermanfaat untuk masyarakat,” jelasnya.

Wakil Rektor II Bidang Non-Akademik UNM Arif Hidayat menilai pameran karya inovasi dan prestasi mahasiswa ini dapat menguatkan internalisasi antara mahasiswa, dosen, dan alumni. “Semoga dosen dan mahasiswa bisa berkolaborasi kembali menciptakan produk-produk atau karya inovasi yang dapat bermanfaat dan diimplementasikan di masyarakat dan bahkan ikut aktif berkompetisi tidak hanya di regional, tetapi juga di tingkat internasional,” tutupnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement