Ahad 25 Sep 2022 18:55 WIB

Kasus Kematian Akibat DBD di Tasikmalaya Terus Bertambah

Penambahan kasus DBD di Tasikmalaya disertai penambahan kasus kematian

Rep: Bayu Adji P/ Red: Esthi Maharani
Petugas melakukan fogging atau pengasapan di Tasikmalaya, Jawa Barat. Kasus demam berdarah dengue (DBD) masih terus mengalami penambahan hingga September 2022.
Foto: ANTARA/Adeng Bustomi
Petugas melakukan fogging atau pengasapan di Tasikmalaya, Jawa Barat. Kasus demam berdarah dengue (DBD) masih terus mengalami penambahan hingga September 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Kasus demam berdarah dengue (DBD) masih terus mengalami penambahan hingga September 2022. Penambahan kasus DBD di daerah itu juga disertai penambahan kasus kematian akibat DBD.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Uus Supangat, mengatakan, berdasarkan data sejak 1 Januari hingga 23 September 2022, total kasus DBD di Kota Tasikmalaya mencapai 1.625 kasus. Dari total kasus itu, sebanyak 25 orang dilaporkan meninggal dunia.

"Memang kasusnya terus bertambah, tapi untuk kasus kematiannya tidak seperti dua bulan lalu," kata dia saat dikonfirmasi Republika, Ahad (25/9/2022).

Data Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya menunjukan, kasus kematian akibat DBD di daerah itu paling banyak terjadi pada Maret dan Juli 2022, yaitu enam kasus dan lima kasus kematian. Sementara pada September 2022, hanya terdapat dua kasus kematian akibat DBD.

Kendati demikian, Uus mengingatkan warga untuk tetap waspada. Apalagi, saat ini masih sering terjadi hujan di Kota Tasikmalaya.

"Tetap harus waspada karena masih sering turun hujan," ujar dia.

Menurut dia, Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya juga terus melakukan deteksi dini DBD. Salah satunya adalah dengan melakukan tes cepat NS1 di setiap puskesmas kepada pasien yang memiliki gejala DBD.

"Itu untuk menghindari keterlambatan rujukan dan sebagainya," kata Uus.

Ia menambahkan, pihaknya juga telah mendistribusikan abate ke setiap puskesmas untuk diberikan kepada warga. Warga yang belum mendapatkan abate diminta mengambilnua di puskesmas. Ia memastikan abate itu dapat diperoleh secara gratis untuk warga.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاَتِمُّوا الْحَجَّ وَالْعُمْرَةَ لِلّٰهِ ۗ فَاِنْ اُحْصِرْتُمْ فَمَا اسْتَيْسَرَ مِنَ الْهَدْيِۚ وَلَا تَحْلِقُوْا رُءُوْسَكُمْ حَتّٰى يَبْلُغَ الْهَدْيُ مَحِلَّهٗ ۗ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَّرِيْضًا اَوْ بِهٖٓ اَذًى مِّنْ رَّأْسِهٖ فَفِدْيَةٌ مِّنْ صِيَامٍ اَوْ صَدَقَةٍ اَوْ نُسُكٍ ۚ فَاِذَآ اَمِنْتُمْ ۗ فَمَنْ تَمَتَّعَ بِالْعُمْرَةِ اِلَى الْحَجِّ فَمَا اسْتَيْسَرَ مِنَ الْهَدْيِۚ فَمَنْ لَّمْ يَجِدْ فَصِيَامُ ثَلٰثَةِ اَيَّامٍ فِى الْحَجِّ وَسَبْعَةٍ اِذَا رَجَعْتُمْ ۗ تِلْكَ عَشَرَةٌ كَامِلَةٌ ۗذٰلِكَ لِمَنْ لَّمْ يَكُنْ اَهْلُهٗ حَاضِرِى الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ ۗ وَاتَّقُوا اللّٰهَ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعِقَابِ ࣖ
Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umrah karena Allah. Tetapi jika kamu terkepung (oleh musuh), maka (sembelihlah) hadyu yang mudah didapat, dan jangan kamu mencukur kepalamu, sebelum hadyu sampai di tempat penyembelihannya. Jika ada di antara kamu yang sakit atau ada gangguan di kepalanya (lalu dia bercukur), maka dia wajib berfidyah, yaitu berpuasa, bersedekah atau berkurban. Apabila kamu dalam keadaan aman, maka barangsiapa mengerjakan umrah sebelum haji, dia (wajib menyembelih) hadyu yang mudah didapat. Tetapi jika dia tidak mendapatkannya, maka dia (wajib) berpuasa tiga hari dalam (musim) haji dan tujuh (hari) setelah kamu kembali. Itu seluruhnya sepuluh (hari). Demikian itu, bagi orang yang keluarganya tidak ada (tinggal) di sekitar Masjidilharam. Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah sangat keras hukuman-Nya.

(QS. Al-Baqarah ayat 196)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement