Selasa 01 Nov 2022 12:25 WIB

Pemkot Jakbar Jemput Bola Penyandang Disabilitas yang Ingin Buat KTP

Setiap Rabu, petugas Sudin Dukcapil Jakbar mendatangi rumh penyandang disabilitas.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Petugas Disdukcapil melakukan perekaman KTP elektronik kepada warga (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Arif Firmansyah
Petugas Disdukcapil melakukan perekaman KTP elektronik kepada warga (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) membuka layanan jemput bola perekaman data untuk pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) bagi warga penyandang disabilitas. Layanan jemput bola itu diadakan guna memudahkan warga penyandang disabilitas untuk mendapatkan hak memilih dan memperbaharui KTP.

"Kita buka permintaan perekaman data untuk warga disabilitas dan kita lakukan selama satu minggu sekali," kata Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Sudin Dukcapil) Jakbar, Gentina Arifin saat dihubungi di Jakarta, Selasa (1/11/2022).

Gentina menerangkan, warga penyandang disabilitas yang ingin melakukan perekaman KTP bisa langsung menghubungi petugas Sudin Dukcapil Jakbar melalui akun Instagram @dukcapiljakbar atau melalui kelurahan dan kecamatan setempat. Laporan yang masuk itu akan dilayani pihak Suku Dinas Dukcapil setiap hari Rabu.

"Jadi kita akan sambangi rumah yang meminta pelayanan di setiap hari Rabu. Setiap hari Rabu kita bisa menghampiri dua sampai tiga rumah," jelas Gentina.

Dia menyebutkan, respon warga cukup antusias dengan hadirnya layanan tersebut. Hal itu karena layanan jemput bola sangat memudahkan para penyandang disabilitas. Gentina pun memastikan akan terus memberlakukan layanan sistem jemput bola ini guna memenuhi hak warga mendapatkan KTP layak.

Sebelumnya, tidak hanya layanan jemput bola untuk warga penyandang disabilitas. Sudin Dukcapil juga membuka layanan bertajuk 'Rabu Petang'. Dalam layanan itu, petugas melayani beragam permasalahan masyarakat terkait kependudukan dan catatan sipil di kantor Sudin Dukcapil Jakbar hingga pukul 19.30 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement