Rabu 09 Nov 2022 05:02 WIB

7 Manfaat tak Terduga Kantung Teh

Kantung teh bisa dimanfaatkan untuk memelihara kecantikan dan kesehatan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Dwi Murdaningsih
Kantung teh
Foto: guardian.co.uk
Kantung teh

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teh dikenal sebagai minuman yang menyehatkan karena memiliki sifat antioksidan, antipenuaan, dan antiperadangan. Selain dikonsumsi sebagai minuman, kantung teh ternyata bisa dimanfaatkan dengan beragam cara untuk memelihara kecantikan dan kesehatan.  

Setidaknya, ada tujuh manfaat yang bisa didapatkan dari kantung teh. Berikut ini adalah ketujuh manfaat tersebut, seperti dilansir WebMD.

Baca Juga

Mengempiskan Mata Bengkak

Tampilan mata yang bengkak bisa diatasi dengan mengompres mata dengan kantung teh berkafein. Untuk melakukan kompres ini, rendam terlebih dahulu dua kantung teh dengan air hangat, seperti sedang menyeduh teh. Setelah itu, simpan kantung teh di dalam kulkas bagian bawah selama beberapa menit.

Ambil teh dari kulkas dan kompres kedua mata dengan kantung teh. Diamkan kantung teh selama lima menit.

Mengobati Luka Kecil

Kantung teh hitam bisa membantu meringankan rasa nyeri dan meredakan bengkak akibat luka kecil. Untuk melakukannya, buka kantung teh hitam, kukus teh dan dinginkan terlebih dahulu, selanjutnya tempelkan teh pada area yang luka selama beberapa menit.

Meredakan Gatal Gigitan Serangga

Gigitan serangga bisa memunculkan rasa nyeri dan gatal. Kedua keluhan ini bisa diredakan dengan kompres kantung teh. Untuk melakukannya, basahi kantung teh, peras, lalu letakkan pada area yang terkena gigitan serangga selama 15-20 menit.

Meringankan Sakit Gigi

Sakit gigi yang mengganggu bisa diredakan dengan kantung teh peppermint. Untuk melakukannya, cukup tempelkan kantung teh peppermint pada gigi dan gusi. Menggigit kantung teh juga dapat membantu mengontrol perdarahan setelah menjalani prosedur mencabut gigi. Terkait rasa nyeri, jangan lupa untuk tetap memeriksakan masalah gigi ke dokter gigi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement