Selasa 29 Nov 2022 03:55 WIB

Mengupas Makna Surat Al Kautsar

Surat Al Kautsar turun terkaiit hubungan Nabi Muhammad dan kaum musyrik.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Surga. Mengupas Makna Surat Al Kautsar
Foto: Pixabay
Ilustrasi Surga. Mengupas Makna Surat Al Kautsar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para ulama memiliki perbedaan pendapat tentang di mana Surat Al-Kautsar diturunkan. Meski demikian, ada beberapa konsensus tentang alasan turunnya wahyu tersebut.

Ada beberapa riwayat yang menyebut ayat ini berhubungan dengan situasi tertentu, yaitu antara Nabi Muhammad dan kaum musyrik. Ayat ini disebut diturunkan karena berkaitan dengan Al-'As ibn Wa'il.

Baca Juga

Setiap kali nama Rasulullah disebutkan di hadapannya, Al-'As ibn Wa'il akan berkata, "Tinggalkan dia, karena sesungguhnya dia adalah seorang pria yang terputus dari tidak memiliki keturunan. Jadi ketika dia meninggal, dia tidak akan diingat."

Oleh karena itu, Allah SWT menurunkan surat ini. Ibn 'Abbas, Mujahid, Sa'id ibn Jubayr, dan Qatadah semuanya menceritakan kisah yang sama. 'Uqbah ibn Mu'ayt, Ka'b ibn Al-Ashraf, dan Abu Lahab juga dilaporkan mengartikulasikan ucapan serupa. Mereka, dan sayangnya banyak lainnya, digunakan untuk mencemarkan nama baik Nabi untuk mencegah orang mendengarkannya.

Setelah kematian awal putra-putra Nabi, orang-orang musyrik berpikir Nabi dan pesannya akan dilupakan setelah dia meninggal. Mereka akan terdengar mengatakan, “Jangan ganggu dia, dia akan mati tanpa keturunan dan itu akan menjadi akhir dari misinya!”

Oleh karena itu, ketika Surat Al Kautsar diturunkan, ia melakukan beberapa hal. Pertama, menenangkan hati Nabi dengan mengingatkan pada kebaikan melimpah yang Allah berikan di kehidupan sekarang dan di akhirat.

Kedua, surat ini bertujuan meyakinkan Nabi Muhammad tentang kehilangan dan nasib yang menunggu orang-orang musyrik. Dan terakhir, surat tersebut bermakna untuk membimbing Nabi, tentang bagaimana dia harus bertindak ketika menghadapi ejekan.

 

 

 

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement