Raih Peringkat Stabil dari PEFINDO, Ini Langkah Strategis Askrindo

Pengimplementasian budaya AKHLAK terus dilakukan.

Www.freepik.com
Ilustrasi bisnis asuransi.
Red: Gilang Akbar Prambadi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – BUMN Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) mampu menunjukkan kredibilitasnya di industri Asuransi. PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO) memberikan peringkat idAA+ dengan outlook stable kepada Askrindo yang berlaku sejak 29 Desember 2021 s.d 1 Desember 2022. Peringkat tersebut diberikan berdasarkan data dan informasi perusahaan serta Laporan Keuangan Audit  per 31 Desember 2020 dan Laporan Keuangan Unaudited per 30 September 2021. 

Baca Juga


Askrindo menunjukkan kinerja positifnya dengan mempertahankan peringkat idAA+ Outlook Stable selama tiga tahun berturut-turut. Perusahaan asuransi dengan peringkat idAA memiliki karakteristik keamanan keuangan yang sangat kuat dibandingkan perusahaan lainnya, dan tanda tambah (+) menunjukkan bahwa peringkat yang diberikan relatif kuat dan diatas rata-rata kategori yang bersangkutan. Sedangkan untuk Stable Outlook menunjukkan kelangsungan perusahaan ke depannya dipandang stabil oleh PEFINDO selaku lembaga pemeringkat terpercaya dan terkemuka di Indonesia. Dengan didapatkannya peringkat dari Pefindo ini, menunjukkan bahwa perusahaan mampu  melaksanakan kewajibannya serta mampu meningkatkan kepercayaan publik. 

Direktur Utama Askrindo Priyastomo mengatakan, hal ini menunjukkan bahwa Askrindo mampu mengatasi dan mengantisipasi gejolak dinamika dunia usaha serta makro ekonomi yang terjadi selama masa pandemi Covid-19. Capaian ini, kata dia, sekaligus menunjukkan bahwa kegiatan operasiona Askrindo mampu mengatasi tantangan yang dihadapi dengan strategi yang tepat, di masa kondisi new normal

“Keamanan finansial perusahaan yang stabil penting bagi sebuah perusahaan untuk meningkatkan reputasi perusahaan dan mendapat kepercayaan publik termasuk menjalankan penugasan dari Pemerintah,” ujar Priyastomo di Jakarta, Kamis (3/2/2022).

Dalam menjaga kinerjanya, kata dia, Askrindo terus melakukan perbaikan dari sisi bisnis proses secara end to end untuk meningkatkan service level agreement (SLA) dan kenyamanan customer. Secara pararel Manajemen berusaha agar lebih meningkatkan good corporate governance (GCG).

"Serta mengimplementasikan nilai budaya AKHLAK pada semua jajaran pegawai, sehingga Askrindo menjadi lebih kuat, transparan, serta mampu memberikan dampak positif bagi industri keuangan dan perekonomian Indonesia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler