Hasil Survei Sebut Generasi Muda Amerika Kehilangan Minat kepada Olahraga

Anak-anak muda sudah tak tertarik dengan siarang

www.freepik.com
Sportainment (ilustrasi)
Rep: Fitrianto Red: Gilang Akbar Prambadi

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Diperkirakan 1,5 miliar orang di seluruh dunia menyaksikan Argentina mengalahkan Prancis untuk memenangkan Piala Dunia FIFA 2022 pada bulan Desember lalu. Meskipun ini merupakan rekor penonton untuk final Piala Dunia, penggemar olahraga yang lebih muda dan kebiasaan menonton mereka sedang berubah.

Baca Juga


Sebuah survei baru dari Morning Consult menemukan bahwa konsumen Gen Z di AS menonton lebih sedikit siaran langsung olahraga dibandingkan dengan kelompok semua orang dewasa A  - baik melalui siaran TV, layanan streaming, atau platform lainnya. 

Sepertiga dari mereka tidak menonton siaran langsung olahraga sama sekali, dibandingkan dengan 24% dari semua orang dewasa di AS yang mengatakan bahwa mereka tidak menonton siaran langsung olahraga.

Fandom juga tampaknya menyusut, dengan 38% Gen Z menjawab bahwa mereka tidak mendukung tim tertentu, dibandingkan dengan 28% dari semua orang dewasa di AS.

"Perjuangan olahraga untuk menarik perhatian Gen Z, relatif terhadap rekan-rekan mereka yang lebih tua, diperparah dengan banyaknya pilihan hiburan lain yang mudah diakses, popularitas platform media sosial yang sudah mapan dan yang sedang berkembang, sifat terfragmentasi dari distribusi hak media olahraga, aksesibilitas ke pertandingan dan keterjangkauan tiket," tulis laporan itu. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler