Wortel Bisa Bikin Penglihatan Lebih Tajam, Mitos atau Fakta?

Memang betul, wortel kaya dengan beta-karoten yang penting untuk penglihatan.

network /Ani Nursalikah
.
Rep: Ani Nursalikah Red: Partner
Wortel. Wortel Bisa Bikin Penglihatan Lebih Tajam, Mitos atau Fakta? Foto: Pxhere

MAGENTA -- Selain untuk kesehatan mata, wortel juga mempunyai manfaat lainnya. Tapi, menjadi salah kaprah jika sering makan wortel bisa membantu seseorang melihat dengan baik dalam gelap.

Mitos tentang wortel berawal dari Perang Dunia II ketika British Royal Air Force mencoba merahasiakan kenyataan bahwa mereka telah mengembangkan sistem radar udara canggih untuk menembak pesawat pengebom Jerman.

"Mereka menyebar cerita bahwa kecermatan pilot-pilot tempur Inggris pada malam hari adalah berkat banyak makan wortel," tulis Billy Golberg dan Mark Layner dalam buku Mengapa Pria Punya Puting Susu?.

.

.

Memang betul, wortel kaya dengan beta-karoten yang penting untuk penglihatan. Tubuh mengubah beta-karoten menjadi vitamin A, dan kekurangan vitamin A yang ekstrem dapat menyebabkan kebutaan.

Namun, kata Billy Golberg, sedikit sekali beta-karoten yang diperlukan untuk ketajaman penglihatan. Jika kita tidak kekurangan vitamin A, penglihatan kita tidak akan menjadi lebih tajam berapa banyak pun wortel yang kita makan.

Sesungguhnya, upaya mencerna kelebihan vitamin A dapat menyebabkan keracunan, yang antara lain meliputi gejala-gejala seperti kulit yang menjadi kekuningan, kerontokan rambut, penurunan berat badan, letih, dan sakit kepala.

BACA JUGA: 7 Kebiasaan Makan yang Ternyata Bikin Kolesterol Meroket

Dikutip dari Medical News Today, ini manfaat wortel selain untuk kesehatan mata.

1. Mencegah kanker

Zat lutein dan zeaxanthin yang terkandung di wortel mampu menurunkan risiko kanker. Selain itu, mengkonsumsi jus wortel mampu memperlambat progres kanker prostat, paru-paru, dan leukemia.

2. Menjaga kesehatan saluran cerna

Selain untuk kesehatan saluaran pencernaan, wortel yang kaya serat bersama antioksidan mampu menurunkan risiko terkena kanker usus.

3. Aman untuk pasien diabetes

Rasa manis alami yang ada pada wortel aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Wortel juga mempunyai kalori rendah, berserat tinggi, dan rendah gula. Dengan indeks glikemik yang rendah tidak menyebabkan kenaikan gula darah pada pasien diabetes.

4. Mencegah tekanan darah tinggi

Serat dan potasium yang terkandung di wortel bisa menjaga tekanan darah tetap stabil. Ini bermanfaat untuk menjaga jantung tetap sehat.

5. Meningkatkan imun tubuh

Kandungan vitamin C pada wortel penting untuk memproduksi antibodi pada sistem imun tubuh. Vitamin C juga mampu menyerap zat besi untuk pencegahan infeksi.

6. Baik untuk tulang dan gigi

Kalsium dan vitamin K di wortel berfungsi menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Makan wortel secara rutin bisa memberi manfaat untuk menjaga kepadatan tulang. (MHD)

BACA JUGA:


On This Day: 6 Mei 1840, Prangko Pertama Bergambar Ratu Victoria Mulai Digunakan

Siap Jalan-Jalan? Ini 7 Benda yang Wajib Ada di Ransel Kamu

Kamu Sering Cegukan? Coba Cara Sederhana Ini untuk Mengatasinya

Orang Betawi Sakit Obatnya Cuma Dedaunan: Resep Ramuan Tradisional, dari Borok Hingga Keremian

5 Bahan Alami untuk Kembalikan Rona Kemerahan Bibir Hitam

sumber : https://magenta.republika.co.id/posts/213995/wortel-bisa-bikin-penglihatan-lebih-tajam-mitos-atau-fakta-
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler