Doa dan Niat Sholat Hajat Lengkap, Agar Keinginan Dikabulkan Allah SWT

Sholat sunnah hajat boleh dikerjakan pada siang atau malam hari.

network /Ani Nursalikah
.
Rep: Ani Nursalikah Red: Partner
Ilustrasi - Umat Muslim melaksanakan sholat di hari pertama puasa suci Ramadhan di Masjid Mekkah di Hyderabad, India, Jumat (24/3/2023). Doa dan Niat Sholat Hajat Lengkap, Agar Keinginan Dikabulkan Allah SWT. Foto: AP Photo /Mahesh Kumar A.

MAGENTA -- Sholat sunnah hajat adalah sholat yang dikerjakan agar apa yang menjadi keinginannya, cita-citanya atau hajatnya dikabulkan atau dimudahkan oleh Allah SWT.


Sholat sunnah hajat sedikitnya dikerjakan dua rakaat dan sebanyak-banyaknya dikerjakan 12 rakaat, dengan setiap dua rakaat satu salam. Sholat sunnah hajat boleh dikerjakan pada siang hari atau pada malam hari, tetapi lebih baik dikerjakan pada malam hari.

BACA JUGA: Niat Sholat Dzuhur Sendiri dan Berjamaah Beserta Tata Caranya

.

.

Dikutip dari Panduan Shalat Praktis & Lengkap oleh Ust. Syaifurrahman El-Fati, adapun cara mengerjakannya sama seperti mengerjakan sholat sunnah yang lain, baik gerakannya maupun bacaannya, yang dimulai dari takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam. Hanya saja niatnya yang berbeda.

Lafal niat sholat hajat

أَصَلَّى سُنَّةَ الْحَاجَةً رَكْعَتَيْنِ اللَّهِ تَعَالَى

Ushallii sunnnatal haajati rak'ataini lillaahi ta'aalaa.

Artinya:

"Aku niat mengerjakan sholat sunnah hajat dua rakaat karena Allah Ta'ala."

Setelah selesai melaksanakan sholat, maka duduklah dengan khusu' lalu membaca istighfar sebanyak 100 kali, bacaannya sebagai berikut.

BACA JUGA: Niat dan Doa Sholat Witir Beserta Tata Caranya

Istighfar setelah sholat hajat

استَغْفِرُ الله العظيم

Astaghfirullaahal 'azhiim.

Artinya:

"Aku mohon ampun kepada Allah Yang Mahaagung."

Lalu membaca shalawat atas Nabi 100 kali sebagai berikut.

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةَ الرِضَا وَارْضَ عَنْ أَصْحَابَهِ رِضَا الرضا

Allaahumma shalli 'alaa sayyidinaa muhammadin sha- laatar ridhaa wardha 'an ash-haabihir ridharridhaa.

Artinya:

"Wahai Tuhanku, berikanlah kesejahteraan kepada junjun- gan kami Nabi Muhammad, kesejahteraan yang diridhoi dan berilah keridhaan kepada para sahabat beliau."

Kemudian membaca doa seperti di bawah ini.

BACA JUGA: Doa Sholat Tahajud Dilengkapi dengan Niat, Waktu dan Istighfar Latin dan Terjemahan

Doa sholat hajat

لا إله إلا الله الحكيم الكريم سُبحَانَ اللهِ رَبِّ الْعَرْشِ العَظيمِ. اَلحَمدُ لِلهِ رَبِّ العَالِمِينَ . اسْتَلْكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالغَنِيمَةَ مِنْ كُذِبِرٍ وَالسَّلَامَةٌ مِنْ كُلِ اِشْرِ لَا تَدَعْ لِي ذَنْبًا الأَغْفَرْتَهُ وَلَا هَما الأفَرَجْتَهُ وَلَا حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إلا قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ.

Laa ilaaha illallaahul hakiimul kariim, subhaanallaahi rabbil 'arsyil 'azhiim. Alhamdu lillaahi rabbil 'aalamiin. As-aluka muujibaati rahmatika wa'azaa-ima maghfiratika walghaniimata min kulli birrin was salaamata min kulli itsmin laa tada'lii dzanban illaa ghafartahu wa laa ham- man illaa farrajtahu wa laa haajatan hiyalaka ridhan illaa qadhaitahaa yaa arhamar raahimiin.

Artinya:

"Tidak ada Tuhan selain Allah Yang Mahabijaksana lagi Mahamulia. Mahasuci Allah Tuhan pemelihara 'arsy lagi Mahaagung. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam, hanya kepada-Mu aku memohon yang mewajibkan rah- mat-Mu, dan yang mendatangkan ampunan-Mu, serta yang memperoleh keuntungan dari tiap-tiap kebaikan dan yang memperoleh keselamatan dari tiap-tiap dosa, janganlah Engkau biarkan diriku berdosa kecuali Engkau mengam- puninya, dan tidak ada suatu kemauan melainkan Engkau berikan jalan keluarnya, serta tidak ada hajat melainkan mendapat keridhaan-Mu yang telah Engkau putuskannya wahai Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha penyayang.

BACA JUGA: Bacaan Niat Sholat Subuh 2 Rakaat Sendiri, Makmum, dan Imam

Setelah membaca doa di atas, lalu sujud untuk memohon kepada Allah akan hajatnya dengan membaca doa seperti di bawah ini dengan sebanyak-banyaknya.

لا اله الا انتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Laa ilaaha illaa anta subhaanaka innii kuntu minazh zhaaalimiin.

Artinya:

"Tidak ada Tuhan selain Engkau. Mahasuci Engkau, sesung- guhnya aku tergolong orang-orang yang zhalim."

Sholat hajat ini sebaiknya dilakukan selama tiga sampai tujuh malam berturut-turut dengan khusyuk dan sungguh-sungguh. Insya Allah hajat kita akan terkabul.

BACA JUGA:

▶ Menguak Misteri Crop Circle, Benarkah Bikinan Alien?

▶ Kisah Maulana Malik Ibrahim Sholat Minta Hujan: Hujannya Turun, Eh, Dituding Sihir

▶ Pangeran Wiraguna dari Banten, Benarkah Ia Seorang Belanda yang Memberi Nama Ragunan?

▶ Tips Memulai Olahraga Buat Kamu yang Mager

▶ Bacaan Dzikir Pagi Lengkap Arab, Latin Beserta Artinya

sumber : https://magenta.republika.co.id/posts/216220/doa-dan-niat-sholat-hajat-lengkap-agar-keinginan-dikabulkan-allah-swt
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler