Coba Kosmetik Sebelum Belanja Daring, Pakai Fitur AR Ini

Fitur Augmented Reality (AR) memudahkan konsumen mencoba kosmetik secara virtual.

Republika/Santi Sopia
Tokopedia meluncurkan fitur Augmented Reality (AR) yang bisa memudahkan konsumen mencoba produk kosmetik secara virtual sebelum mantap membelinya.
Rep: Santi Sopia Red: Natalia Endah Hapsari

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Minat belanja daring kerap meningkat, tidak terkecuali untuk produk kecantikan dan perawatan diri. Niaga elektronik pun berlomba menawarkan pengembangan layanan agar semakin memudahkan dalam pengalaman berbelanja konsumen.

Baca Juga


Category Strategic Partnership Senior Lead Tokopedia Azzahra Rahmani Ali mengatakan, Tokopedia meluncurkan fitur augmented reality (AR) yang bisa memudahkan konsumen mencoba produk kosmetik secara virtual sebelum mantap membelinya. Contohnya, konsumen dapat mencoba warna-warna lipstik, foundation, dan lainnya yang tersedia dari suatu produk lewat fitur tersebut.

“Biasanya konsumen kesulitan memilih kosmetik, ini cocok, enggak, buat saya? Cocok, enggak, buat acara tertentu? Takut terlalu cerah atau jadi dengan fitur ini enggak usah khawatir lagi,” kata Azzahra di Jakarta, Rabu (24/5/2023).

Sebelum konsumen melakukan pembelian, mereka bisa mencocokkan terlebih dulu warna kosmetik yang sesuai atau tidak dengan kebutuhan pembeli. Azzahra mengatakan, ini merupakan bagian langkah awal dalam pengembangan layanan. “Ke depan, tidak hanya untuk kategori kecantikan dan perawatan diri, tapi juga kategori lain,” kata dia.

Cara menggunakan fitur tersebut cukup mudah, sebagai berikut.

-Klik virtual try dalam kolom pencarian halaman utama aplikasi

-Pada halaman tersebut, konsumen bisa mencoba berbagai produk dengan AR bertulisan ‘Cobain barangnya, yuk!’

-Konsumen juga bisa memilih hingga empat varian warna produk secara bersamaan sehingga bisa membandingkannya secara lebih praktis.

 

Azzahra mengatakan fitur AR ini dapat dinikmati pengguna Android dan iOS dengan aplikasi Tokopedia versi terbaru. Ada kurasi produk yang bisa dicoba.

Saat memilih produk lipstik, misalnya, maka di layar akan muncul gambar dengan tulisan "cobain barangnya yuk". Setelah itu, akan muncul wajah pengguna saat mencoba shade atau warna-warna produk tersebut.

Kalau belum ada warna sesuai, konsumen tinggal menggonta-ganti pilihan warna produknya. Konsumen bahkan bisa mencobanya sembari tiduran tanpa harus ke toko fisik.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler