Kapolres Indramayu Berharap Dukungan Satkamling Jaga Kamtibmas

Keberadaan Satkamling di Kabupaten Indramayu disebut diapresiasi masyarakat.

Dok Humas Polres Indramayu
Polres Indramayu menggelar Apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling), yang dipimpin Kepala Polres (Kapolres) Indramayu AKBP M Fahri Siregar di Markas Polres Indramayu, Jawa Barat, Rabu (21/6/2023).
Rep: Lilis Sri Handayani Red: Irfan Fitrat

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU — Polres Indramayu menggelar Apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) di Lapangan Markas Polres Indramayu, Jawa Barat, Rabu (21/6/2023). Keberadaan Satkamling ini diharapkan dapat mengoptimalkan sinergi dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Baca Juga


Apel yang dipimpin Kepala Polres (Kapolres) Indramayu AKBP M Fahri Siregar itu diikuti juga unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Indramayu, Wakapolres Indramayu Kompol Hamzah Badaru, para pejabat utama Polres Indramayu, serta para kepala polsek (kapolsek).

Kapolres mengatakan, kegiatan Apel Ketua Satkamling itu dilaksanakan serentak se-Indonesia. “Apel ini untuk melihat kesiapsiagaan dan upaya meningkatkan pam swakarsa, guna menjamin keamanan yang kondusif,” kata Kapolres.

Satkamling merupakan bagian dari pengamanan (pam) swakarsa atau atas kesadaran dan kemauan sendiri, yang diatur dalam peraturan kepolisian. Menurut Kapolres, keberadaan Satkamling itu sebagai bagian dari upaya menjaga kamtibmas, termasuk mencegah terjadinya tindak kejahatan di lingkungan masyarakat.

“Kami juga berharap dengan Satkamling ini dapat meningkatkan dan mengoptimalkan sinergisitas antara Polri-TNI dan masyarakat dalam rangka untuk bisa menjaga kamtibmas yang kondusif,” kata Kapolres.

Berdasarkan hasil peninjauan ke sejumlah Satkamling di wilayah hukum Polres Indramayu, Kapolres mengatakan, kinerja Satkamling ini mendapat apresiasi masyarakat. Contohnya, mencegah terjadinya tawuran. “Sejauh ini, Satkamling Wiralodra Presisi, alhamdulillah, sangat efektif,” ujar Kapolres.

 

 

Apresiasi juga pernah disampaikan masyarakat terhadap Satkamling yang mengevakuasi pelaku tindak pidana. Selain itu, ada yang merasa terbantu karena Satkamling memberikan pelayanan pertolongan pertama saat warga membutuhkan.

“Kami berharap dengan adanya Satkamling yang ada di wilayah hukum Polres Indramayu dapat meningkatkan semangat dan mengoptimalisasikan peran awak Satkamling dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas, guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa,” ujar Kapolres.

Kapolres pun memberikan apresiasi kepada Satkamling Wiralodra Presisi Kombo Siaga Desa Jatimulya, Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu, yang mendapatkan peringkat pertama pada penilaian lomba Satkamling yang diadakan oleh Polda Jawa Barat (Jabar).

Alhamdulillah, perwakilan Polres Indramayu mendapatkan peringkat pertama tingkat Polda Jabar,” ujar Kapolres.

Saat apel, dilakukan juga penyerahan hadiah kepada pemenang lomba Satkamling tingkat Polres Indramayu.

Juara Satkamling Wiralodra Presisi tingkat Polres Indramayu sebagai berikut:

1. Satkamling Wiralodra Presisi Kombo Siaga Polsek Terisi.

2. Satkamling Wiralodra Presisi Mulyaning Jagat Polsek Bongas.

3. Satkamling Wiralodra Presisi Tegalurung Ragem Polsek Balongan.

 

Juara Harapan 1, Satkamling Wiralodra Presisi Gang Lezza Polsek Kandanghaur.

Juara Harapan 2, Satkamling Wiralodra Presisi Melati Polsek Widasari.

Juara Harapan 3, Satkamling Wiralodra Presisi Kemuning Asri Polsek Sukagumiwang. 

 

Kepala Polres (Kapolres) Indramayu AKBP M Fahri Siregar menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) tingkat Polres Indramayu, Rabu (21/6/2023). - (Dok Humas Polres Indramayu)

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler