Sektor Ini Disebut Jadi Penopang Pertumbuhan Ekonomi Kuartal Kedua

Industri mamin dan tekstil diproyeksi jadi andalan jelang tahun pemilu.

Republika/Prayogi
Karyawan menata produk minuman di pusat perbelanjaan di Jakarta, Senin (2/1/2023).
Rep: Novita Intan Red: Fuji Pratiwi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Lembaga Penyelidikan Ekonomi & Masyarakat (LPEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi pada kuartal II 2023 sebesar 5,09 persen. Adapun proyeksi tersebut lebih tinggi dari capaian pertumbuhan ekonomi pada kuartal I 2023 sebesar 5,03 persen.

Baca Juga


Ekonom LPEM FEB UI Teuku Riefky mengatakan melihat seluruh komponen belanja mencatatkan pertumbuhan yang positif, termasuk belanja pemerintah yang sebelumnya mengalami kontraksi selama empat kuartal berturut-turut pada 2022.

"Kami memperkirakan PDB akan terus tumbuh positif sebesar 5,09 persen pada kuartal II 2023 dan 4,9 persen hingga lima persen keseluruhan 2023," ujar Riefky dalam laporan Indonesia Economic Outlook Q3-2023, Jumat (4/8/2023).

 LPEM FEB UI mencatat konsumsi rumah tangga sebesar 4,54 persen pada kuartal I 2023. Adanya tren persiapan tahun Pemilu pada 2023, LPEM FEB UI memperkirakan akan terjadi peningkatan belanja konsumen sejumlah sektor, seperti industri makanan dan minuman, tekstil, manufaktur, transportasi, serta sektor jasa seperti media dan komunikasi, akomodasi, konsultasi dan profesi.

Dari sisi lain, industri perbankan Indonesia juga menunjukkan kinerja yang tetap kuat di tengah perlambatan ekonomi dan gejolak perbankan global, utamanya yang terjadi negara maju. Perbankan domestik menunjukkan kondisi yang baik ditopang oleh likuiditas yang cukup dan kualitas aset yang meningkat.

Dari sisi eksternal, meski surplus perdagangan menurun akibat normalisasi harga komoditas global, namun pasar keuangan Indonesia melanjutkan tren perbaikan pada kuartal II 2023. Adapun perbaikan tersebut didukung oleh kuatnya permintaan terhadap surat utang Indonesia, seiring selisih imbal hasil antara surat utang Pemerintah Indonesia dan Amerika Serikat (AS) yang masih relatif atraktif. 

"Hal itu menyusul mulai berkurangnya agresivitas pengetatan suku bunga acuan oleh The Fed," ucapnya.

LPEM FEB UI juga menilai tingkat cadangan devisa Indonesia masih cukup untuk mendukung ketahanan eksternal, seiring jumlahnya yang mencapai setara 6,1 bulan impor dan beban pembayaran utang luar negeri.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler

Prakiraan Cuaca 21 Oktober 2024 Daerah Bekasi dan Sekitarnya | Cerah REPUBLIKA.CO.ID, Bekasi dan sekitarnya akan mengalami cuaca yang pada umumnya cerah sepanjang hari ini. Berikut adalah prakiraan cuaca untuk beberapa kota di provinsi Jawa Barat pada tanggal 21 Oktober 2024. Bekasi Pada pagi hari di Bekasi, cuaca diperkirakan cerah dengan suhu sekitar 29°C. Angin bertiup dari arah utara ke selatan dengan kecepatan 6 m/s dan kelembapan sekitar 63%. Menjelang siang, cuaca masih tetap cerah tanpa perubahan signifikan dalam suhu. Saat sore hari, kondisi cerah berlanjut dengan angin yang perlahan bergeser dari timur ke barat sekitar 3.3 m/s. Kelembapan meningkat menjadi 75% pada malam hari, ketika suhu menurun hingga 27°C, menyisakan langit yang cerah berawan. Kota Bekasi Di Kota Bekasi, cuaca pagi juga cerah dengan suhu 29°C. Angin bertiup dari barat laut ke tenggara pada kecepatan 6.6 m/s, serta kelembapan berada di kisaran 67%. Pada siang hari, cuaca mempertahankan kecerahannya. Sore hari tidak menunjukkan perubahan signifikan dalam cuaca, sementara di malam hari, langit tetap cerah dengan suhu turun menjadi 27°C. Angin berhembus dari arah timur ke barat pada kecepatan 4.1 m/s dengan kelembapan sebesar 75%. ====== Karawang Karawang akan mengalami cuaca cerah pada pagi hari dengan suhu sekitar 29°C. Angin bergerak dari timur laut ke barat daya pada kecepatan 6.3 m/s, dan kelembapan di angka 66%. Memasuki siang, cuaca tetap cerah dan stabil. Pada sore hari, kelembapan udara di Karawang meningkat serta langit mulai berawan menjelang malam. Suhu di malam hari diperkirakan 28°C dengan angin dari tenggara ke barat laut berkecepatan 2.6 m/s dan kelembapan naik hingga 76%. Secara keseluruhan, cuaca di ketiga kota tersebut menunjukkan pola yang cerah dengan sedikit awan di malam hari. Meski demikian, tidak ada indikator hujan atau badai untuk hari ini. Tercatat pada malam hari terdapat peningkatan kelembapan, namun cenderung masih dalam kategori nyaman.