Israel Terus Gempur Palestina, Kolombia Ancam Putuskan Bisnis Senjata Israel

Aljazair memberikan dukungan Palestina dengan bentuk lain.

AP
Presiden Kolombia Gustavo Petro mengecam Barat yang membela Ukraina mati-matian tetapi tidak membela Palestina
Rep: Ratna Ajeng Tejomukti Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOTA -- - Presiden Kolombia Gustavo Petro mengancam akan memutuskan hubungan dengan Israel dengan melarang ekspor peralatan keamanan ke Kolombia. Ancaman itu karena Israel melakukan penyerangan di Gaza.

"Jika kami harus menangguhkan hubungan dengan Israel, kami akan menangguhkannya. Kami tidak mendukung genosida. Suatu hari, tentara Israel dan pemerintah Israel akan meminta maaf kepada kami atas apa yang mereka lakukan. Saya akan memeluk mereka dan mereka akan menangis atas pembunuhan tersebut  Di Auschwitz dan Gaza," kata Petro di X, dilansir di Maan News, Senin (16/10/2023).

Hal ini terjadi setelah duta besar Kolombia untuk Tel Aviv dipanggil dengan latar belakang pernyataan Petro mengenai perang di Gaza. Israel menganggap pernyataan tersebut bermusuhan dan anti-Semit.

Tak hanya Kolombia, partai yang berkuasa di Republik Zimbabwe, ZANU-PZ, mengumumkan mereka mendukung rakyat Palestina di masa-masa sulit di mana mereka dihadapkan pada agresi Israel.

“Kami mengutuk keras semua tindakan agresif yang diluncurkan oleh negara pendudukan, dan kami menyatakan solidaritas kami yang setinggi-tingginya kepada rakyat Palestina dalam menghadapi serangan besar Israel yang merenggut nyawa orang-orang tak berdosa di Jalur Gaza,” partai tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan oleh pers Zimbabwe.

Ini adalah peristiwa yang menyakitkan dan menyedihkan bagi Zimbabwe,  pikiran serta doa mereka bersama keluarga dan daerah yang terkena dampak kekerasan brutal yang dilakukan oleh pasukan pendudukan Israel.

Tindakan komunitas internasional...

Baca Juga


“Kami menyerukan kepada komunitas internasional untuk mengambil tindakan guna mengatasi akar penyebab konflik ini, dengan mencapai solusi yang menjaga hak rakyat Palestina untuk menentukan nasib sendiri, menikmati keamanan, dan mencapai kemerdekaan," demikian pernyataan partai berkuasa di Zimbabwe.

Zimbabwe berjanji terus memberikan dukungan penuhnya kepada rakyat Palestina, dalam perjuangan mereka untuk kebebasan dan keselamatan dari rezim apartheid Israel, seperti yang dimuat oleh surat kabar pemerintah.

Aljazair memberikan dukungan Palestina dengan bentuk lain. Kementerian Kebudayaan dan Seni di Aljazair memutuskan menunda semua kegiatan perayaan hingga waktu berikutnya. Ini sebagai ekspresi solidaritas penuh terhadap warga Palestina dan keluarga para syuhada.

“Mengingat situasi tragis yang disaksikan oleh warga Gaza yang gagah berani sebagai akibat dari serangan biadab, kehancuran menyeluruh, dan pembunuhan brutal terhadap rakyat Palestina yang teguh, yang menyebabkan ratusan orang menjadi korban dan terluka setiap hari, maka mereka diputuskan menunda semua kegiatan perayaan sampai waktu berikutnya," ujar Menteri Kebudayaan dan Seni Aljazair, Soria Moulouji.

Atas nama seluruh intelektual dan seniman, Aljazair menyampaikan belasungkawa dan simpati yang tulus kepada rakyat Palestina. Aljazair juga mengungkapkan solidaritas penuh para intelektual dan seniman Aljazair terhadap rakyat Palestina dan perlawanan mereka yang gagah berani.

Angka Korban Perang Hamas-Israel - (Republika)

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler