Lukisan Resmi Pertama Raja Charles Diperlihatkan ke Publik, Detailnya Mengesankan

Raja Charles terlihat oleh lautan merah di belakangnya yang menyatu dengan seragamnya

Twitter Royal Family/Deadline
Potret resmi Raja Charles III yang dilukis oleh seniman Jonathan Yeo.
Red: Friska Yolandha

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Potret resmi keluarga kerajaan atau politisi seringkali sangat kaku dan mudah dilupakan. Namun tidak demikian halnya dengan potret resmi pertama Raja Charles.

Baca Juga


Dilukis oleh seniman terkenal Jonathan Yeo, karya setinggi delapan kaki lebih ini sungguh menakjubkan. Ini menampilkan karakterisasi yang bagus dari wajah raja yang memandang rendah ke arah penonton. 

Dilansir Deadline, Rabu (15/5/2024) wajah Raja Charles terlihat oleh lautan merah di belakangnya yang menyatu dengan seragamnya, kabarnya seragam Pengawal Welsh, sebuah divisi Angkatan Darat Inggris di mana Charles adalah kolonel resimen.

Yeo telah melukis tokoh-tokoh terkenal seperti istri Charles, Ratu Camilla, Perdana Menteri Inggris Tony Blair dan David Cameron, Dennis Hopper, Nicole Kidman, Sir David Attenborough, Jamie Oliver dan Rupert Murdoch.

Ia juga membuat potret ayah raja, Pangeran Philip. “Dia seperti harimau yang dikurung,” kata Yeo kepada New York Times. “Saya tidak bisa membayangkan dia orang yang mudah sebagai seorang ayah, tapi dia adalah subjek yang menghibur.”

Lukisan baru tersebut dilaporkan mendapat persetujuan dari ratu, kata BBC.

Reaksi pertama raja lebih bernuansa. Dia melihat lebih awal pekerjaan itu dalam keadaan setengah selesai, kata Yeo.

“Awalnya dia sedikit terkejut dengan warna yang kuat, tapi selain itu dia tampak tersenyum menyetujui,” katanya.

Awal bulan ini, Times memperkirakan komisi kerajaan kemungkinan akan menegaskan kembali status Yeo sebagai pelukis andalan generasinya untuk orang-orang Inggris yang hebat dan baik, serta bagi para aktor, penulis, pebisnis, dan selebritas dari seluruh dunia.

Mengenai kupu-kupu, Yeo menjelaskan, “Dalam sejarah seni, kupu-kupu melambangkan metamorfosis dan kelahiran kembali.” Ini cocok untuk potret seorang raja yang baru naik takhta. Ini juga menandakan seorang Raja yang memperjuangkan masalah lingkungan.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler