Aston Villa Lolos Liga Champions Setelah Absen 40 Tahun, Ini Ungkapan Bahagia Sang Pelatih

Villa berada di urutan keempat klasemen Liga Inggris dengan 68 poin.

Nick Potts/PA via AP
Para pemain Aston Villa merayakan gol pembuka yang dicetak oleh pemain Chelsea Marc Cucurella sebagai gol bunuh diri, saat pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Aston Villa dan FC Chelsea di Birmingham, Inggris, Ahad (27/4/2024) dini hari WIB.
Rep: Fitrianto Red: Gilang Akbar Prambadi

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Manajer Aston Villa Unai Emery merayakan "hari yang sangat istimewa" setelah klub Liga Primer Inggris itu memastikan tempat di kompetisi sepak bola antarklub papan atas Eropa untuk pertama kalinya sejak 1983 dan mengatakan ia gembira dengan masa depan Aston Villa.

Baca Juga


Tim West Midlands mengamankan tempat Liga Champions pada hari Rabu (15/5/2024) setelah Tottenham Hotspur menderita kekalahan kandang 2-0 dari Manchester City di Liga Premier. 

Aston Villa telah memenangkan Piala Eropa lama, pendahulu Liga Champions, pada tahun 1982, tetapi belum pernah bermain di kompetisi kontinental selama empat dekade.

Villa berada di urutan keempat klasemen Liga Inggris dengan 68 poin, unggul lima poin dari Tottenham, yang duduk di urutan kelima dengan satu pertandingan tersisa. City kini berada dalam jarak yang sangat dekat untuk meraih gelar Liga Premier keempat berturut-turut yang belum pernah terjadi sebelumnya.

“Ini hari yang sangat istimewa hari ini,” kata Emery di situs Villa. “Itu adalah impian kami ketika kami memulai musim untuk berada di sini. Bermain di Liga Champions, setelah Liga Primer, adalah yang terbaik," kata dia.  

“Anda bisa bermain di Liga Premier melawan tim-tim terbaik di dunia, itu sangat sulit. Ketika Anda bermain di Liga Champions, Anda bermain melawan tim-tim terbaik, pada saat yang sama, dari negara lain. Dan itu luar biasa," ujarnya menambahkan. 

“Dan kami selalu bertanggung jawab terhadap sejarah di sini, kami tahu sejarah Aston Villa sangat panjang dan sukses. Bahkan, di Liga Champions, sebelum Piala Eropa, kami tahu tanggung jawabnya adalah mencoba meningkatkan level kami, cobalah untuk menuntut dan bermimpi."

Konfirmasi finis empat besar mereka bertepatan dengan Makan Malam Penghargaan Akhir Musim klub di Villa Park, di mana kapten John McGinn juga berbicara tentang pencapaian tersebut.

“Atas nama semua pemain, ini merupakan musim yang luar biasa,” kata pemain internasional Skotlandia berusia 29 tahun itu.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler