Ini Detik-Detik Tentara Israel Lemparkan Alquran ke Kobaran Api Reruntuhan Masjid di Gaza

Polisi militer Israel disebut mengencam insiden pembakaran Alquran tersebut.

Tangkapan Layar MEE
Insiden pembakaran Alquran oleh Tentara Israel.
Red: Teguh Firmansyah

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA -- Kejahatan tentara Israel di Jalur Gaza tidak henti-hentinya. Tidak hanya melakukan pembunuhan terhadap warga sipil tak bersenjata, sejumlah tentara Zionis ditengarai juga terlibat dalam penistaan agama.

Dalam video yang beredar di sosial media baru-baru ini, tampak seorang tentara Israel berdiri di reruntuhan masjid di Jalur Gaza. Tentara itu melempar Alquran ke korban api.

Menurut salah satu media penyiaran Israel, Kan, tantara tersebut mengunggah aksi tersebut di akun Instagram-nya. 

Polisi militer Israel mengencam insiden tersebut. Mereka akan melakukan investigasi atas kasus itu.  "Kelakuan tantara Israel tersebut tidak sejalan dengan nilai IDF," ujar militer Israel dalam pernyataannya seperti dikutip Middleeasteye, Kamis (23/5/2024).

"Militer Israel menghormati semua agama dan mengutuk tindakan semacam itu. Investigasi telah digelar untuk menyelidikan perkara ini." 

Cek video dibawah ini

 

Sejak dimulainya Perang Gaza pada 7 Oktober 2023 yang telah mengakibatkan 35 ribu warga Palestina terbunuh, terdapat sejumlah insiden yang ditengarai terkait dengan isu sektarianisme oleh tentara Israel. 

Pada Maraet, video yang beredar di media social dan diunggah oleh tantara Israel, menunjukkan bagaimana seorang anggota militer merobek Salinan Alquran di sebuah masjid di Gaza. 

Otoritas di Gaza pada Maret mengatakan, serangan Israel telah menghancurkan 223 masjid dan merusak 289 lainnya. Banyak masjid yang hancur luluhlantak adalah bangunan tua. Seperti Masjid Omari yang hancur pada Desember 2023. Masjid itu dibangun pada abad ke-7. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler