12 Negara Mayoritas Muslim dengan Kekuatan Militer Terbesar

Negara-negara Muslim berlomba untuk perkuat militer mereka

Republika/Thoudy Badai
Prajurit TNI mengikuti defile (ilustrasi). Negara-negara Muslim berlomba untuk perkuat militer mereka
Red: Nashih Nashrullah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Dunia Muslim membentang dari ujung Afrika Barat hingga Asia Tenggara. Meskipun tidak homogen, mereka disatukan dalam beberapa pengelompokan ekstra-regional, termasuk Organisasi Kerja Sama Islam dengan 57 negara anggotanya.

Dengan adanya perang di Irak, Libya, Suriah, dan Yaman, konflik yang sedang berlangsung di Afghanistan, Semenanjung Sinai di Mesir, dan kekerasan di wilayah Palestina, militer di kawasan ini harus beradaptasi dengan perang konvensional dan asimetris dengan cepat, dan dalam beberapa kasus, mereka harus mempelajari kembali seni perang konvensional setelah beberapa dekade tidak aktif.

Pembelanja militer terbesar dalam daftar ini adalah Arab Saudi. Pada 2017, anggaran pertahanan Riyadh berada di urutan ketiga di dunia menurut Bank Dunia.

Anggaran pertahanan hanya menceritakan sebagian dari cerita. Indeks Global Firepower (GFP), yang digunakan untuk menentukan peringkat melihat sejumlah faktor, termasuk kualitas persenjataan, jarak tempuh rudal, pelatihan, aliansi, tenaga kerja, dan kekuatan industri pertahanan lokal. Berikut adalah negara-negara yang masuk dalam 12 negara dengan militer terkuat di dunia Islam, mengutip trtworld:

Baca Juga


12. Uni Emirat Arab

Personel aktif             : 64 ribu
Anggaran 2017          :14,37 miliar dolar AS

UEA memegang peringkat tertinggi di antara negara-negara tetangganya di Dewan Kerja Sama Teluk (GCC). Bisa dibilang baru pertama kali diuji, mereka telah mengasah pasukan tempur mereka yang relatif kecil dengan pengalaman di garis depan di Afghanistan, Libya, dan Yaman.

Angkatan bersenjata UEA hanya memiliki 63.000 personel aktif, dengan ketergantungan besar pada tentara bayaran dari Amerika Latin dan Eritrea, yang ditambah dengan visi ekspansionisnya yang membuatnya mendapat julukan: 'Sparta Kecil'.

 
11. Bangladesh

Personel aktif             : 160 ribu

Anggaran 2017          : 1,59 miliar dolar AS

Anggaran pertahanan Bangladesh menyumbang hampir 6 persen dari anggaran nasionalnya, karena negara ini menghadapi pelanggaran berulang terhadap wilayahnya oleh Myanmar. Hal ini berperan penting dalam menyediakan koridor yang aman bagi para pengungsi Rohingya yang melarikan diri dari pembersihan etnis di Myanmar.

Bangladesh terletak di antara tiga negara nuklir; berbagi perbatasan sepanjang 4.156 km dengan India, dan berdekatan dengan Cina dan Pakistan.

Dengan peran yang rumit di negara ini, militernya juga harus memainkan peran dalam keamanan internal, menyeimbangkan keamanan nasional dan stabilitas internal, serta misi pemeliharaan perdamaian PBB dan operasi bantuan bencana.

Sejak 2009, negara ini terus mendiversifikasi persenjataan militernya, memperluas kapasitas produksi amunisi, membeli pesawat tempur dan kapal selam.


10. Maroko

Personel aktif             : 198 ribu

Anggaran 2017          : 3,46 miliar dolar AS

Angkatan Darat Maroko memiliki 175. ribu personel yang kuat, tetapi ditantang oleh salah satu anggaran pertahanan terendah di Timur Tengah.

Militer negara ini sangat terlibat dengan wilayah Sahara Barat yang disengketakan, dan berpatroli di perbatasannya yang panjang. Baru-baru ini, negara ini mendukung koalisi pimpinan Arab Saudi yang bertempur di Yaman.

Selanjutnya Suriah....

9. Suriah

Personel aktif          : 154 ribu

Anggaran 2017       : 1,87 miliar dolar AS

Setelah lebih dari enam tahun pertempuran yang mengerikan, militer Suriah hanya tinggal bayangan dari apa yang dulu, tapi tetap tangguh dalam pertempuran.

Militernya didukung oleh milisi Iran, pasukan Rusia, dan milisi swasta lokal untuk mempertahankan rezim Assad, setelah mengalami kerugian besar, desersi yang merajalela, dan kelelahan akibat perang.


8. Malaysia

Personel aktif            : 110 ribu

Anggaran 2017         : 4,7 miliar dolar AS

Meskipun Malaysia belum pernah berperang dalam konflik konvensional sebelumnya, negara ini memiliki militer modern dengan postur strategis yang seimbang antara kekuatan angkatan laut, modernisasi teknologi, dan keunggulan udara.

Malaysia terlibat dalam perselisihan dengan klaim Cina atas Laut Cina Selatan, dan merupakan anggota aktif pasukan penjaga perdamaian PBB.

Sementara berjuang dengan keterbatasan keuangan dan ketidakstabilan mata uang, militernya terus berkembang dan dimodernisasi. Negara ini menghadapi tantangan untuk menyesuaikan aset yang tidak sesuai dengan ancaman domestik dan internasional yang mereka hadapi.


7. Aljazair

Personel aktif              : 520 ribu

Anggaran 2017           : 10,6 miliar dolar AS

Aljazair adalah negara Arab terbesar dari segi luas wilayah dan telah berinvestasi besar-besaran pada militernya sejak kemerdekaannya. Tentara Nasional Rakyat Aljazair telah aktif sejak berdirinya, pertama kali bertempur dalam perang kemerdekaan berdarah, perang saudara yang mengerikan yang dijuluki 'Dekade Hitam', diikuti dengan lebih dari dua dekade memerangi terorisme, dan melindungi perbatasannya yang signifikan.

Aljazair juga merupakan satu-satunya negara selain Tiongkok yang membeli sistem rudal S400 Rusia.

Aljazair memiliki perbatasan yang bermasalah dengan negara-negara tetangganya, termasuk Libya dan Mali, dan secara aktif mendukung Front Polisario, yang mengupayakan kemerdekaan Sahara Barat dari Maroko.

6. Arab Saudi

Personel aktif               : 231 ribu

Anggaran 2017            : 69,413 miliar dolar AS

Militer Arab Saudi adalah militer dengan persenjataan terbaik di wilayahnya. Dalam beberapa tahun terakhir, negara ini telah bertempur dalam perang berdarah di Yaman sebagai kepala koalisi sekutu.

Meskipun Yaman telah menjadi ajang pembuktian bagi militernya, perang yang berlarut-larut ini telah mengundang kecaman internasional yang signifikan atas banyaknya korban jiwa yang jatuh, dan kekhawatiran kemanusiaan atas kelaparan dan penyakit di negara yang dilanda perang tersebut.

Selanjutnya Pakistan..

5. Pakistan

Personel aktif                : 637 ribu

Anggaran 2017              : 7 miliar dolar AS

Militer Pakistan sangat kuat, dengan tradisi militer yang sudah berlangsung lama. Dalam beberapa tahun terakhir, negara ini telah meningkatkan hubungan yang lebih kuat dengan Arab Saudi dan Cina untuk memodernisasi pasukannya, dengan pertukaran teknologi militer yang besar dan pengembangan persenjataan.

Secara operasional, Pakistan memiliki salah satu angkatan bersenjata terbesar di kawasan ini, dengan doktrin persenjataan gabungan yang kuat yang didukung oleh badan intelijen yang kuat dan dorongan yang konsisten untuk mengembangkan kapasitas industri pertahanan dan memproduksi senjata api dan amunisi modern.

Pakistan juga merupakan salah satu dari sedikit negara di kawasan ini yang memiliki kemampuan nuklir. Asosiasi Pengawasan Senjata menempatkan persediaan nuklir Pakistan pada 140 senjata, yang merupakan peringkat keenam terbesar di dunia.

4. Indonesia

Personel aktif                 : 975,750

Anggaran 2017              : 6,9 miliar AS

Dengan Indonesia yang akan menjadi negara dengan ekonomi terbesar keempat di dunia pada tahun 2050, militer Indonesia terus berkembang pesat. Selain personel yang bertugas aktif, Indonesia juga memiliki 281 ribupersonel paramiliter.

Tenaga kerja, ekonomi, dan pengaruh politiknya cukup untuk memastikan stabilitas dan pertumbuhan internal, karena negara ini menerapkan strategi diversifikasi militer yang agresif.

Baru-baru ini, Indonesia menerapkan strategi Anti-Akses/Area-Denial (A2/AD), yang memberinya pengaruh yang lebih kuat terhadap negara-negara tetangganya, sementara Indonesia menargetkan angkatan laut dengan 274 kapal, 10 skuadron pesawat tempur, dan 12 kapal selam. Kemampuan modernisasi Indonesia dapat menjadi pendahulu bagi ambisi regional yang lebih besar di masa depan.

3. Iran

Personel aktif         : 534 ribu

Anggaran 2017      : 14 miliar dolar AS

Iran memiliki lebih banyak pasukan bersenjata dibandingkan negara lain di Timur Tengah, dengan tambahan 125.000 orang di Korps Garda Revolusi Islam (IRGC), serta milisi regional lainnya yang berasal dari berbagai negara.

Iran juga berhasil mengelola milisi besar secara efektif sambil menyelaraskan mereka dengan postur militernya secara keseluruhan melalui perwira dan kepemimpinan yang telah teruji. Selama bertahun-tahun sanksi, Iran mengembangkan industri pertahanan nasional yang signifikan dan membuat kemajuan besar untuk menjadi negara nuklir.

Angkatan bersenjatanya juga dipandang sangat kuat dalam perang asimetris. Iran telah memberikan dukungan teknis dan militer yang luas kepada rezim Assad di Suriah dan Houthi di Yaman.


2. Mesir

Personel aktif            : 438,500

Anggaran 2017         : 2,7 miliar dolar AS

Dengan naiknya Presiden Abdel Fatah el Sisi, militer Mesir telah diberi kebebasan untuk memperluas dan menanamkan dirinya di hampir semua aspek masyarakat Mesir, selain anggaran pertahanan yang lebih besar, pembebasan pajak, dan kontrak-kontrak swasta yang menguntungkan.

Militer Mesir telah membuat kemajuan besar dalam memodernisasi militernya sejak Sisi berkuasa, dengan pengadaan persenjataan baru yang canggih secara bertahap, pembenahan rantai pasokan, dan lebih banyak perhatian yang diberikan kepada angkatan lautnya.

Mesir masih berjuang untuk menghadapi pemberontak di Semenanjung Sinai selama beberapa tahun.


1. Turki

Personel aktif           : 355,800

Anggaran 2017        : 10,2 miliar dolar AS

Angkatan bersenjata Turki telah aktif selama beberapa tahun. Selain kehadirannya yang besar di Suriah, Turki telah mengembangkan industri pertahanan yang kuat, membuat drone bersenjata otonom, rudal jelajah canggih, tank tempur asli yang canggih, dan helikopter tempur yang telah teruji dalam pertempuran.

Selain menduduki peringkat sebagai kekuatan militer terkuat di 'dunia Muslim' dan Timur Tengah, Turki juga menduduki peringkat ke-9 di seluruh dunia menurut Global Firepower Index, di atas Jerman.

Turki juga telah membangun pangkalan operasi besar di Qatar dan Somalia, memperluas jangkauan geopolitik dan kapasitas proyeksi kekuatannya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler