Ini Roket yang Digunakan Hizbullah Membombardir Israel

Hizbullah tdiperkirakan memiliki cadangan roket sebanyak 130 ribu unit.

AP Photo//Ariel Schalit
Seorang pria melihat sebuah rumah yang terkena roket yang ditembakkan dari Lebanon, di Moreshet, Israel utara, pada Ahad, 22 September 2024.
Red: Fitriyan Zamzami

REPUBLIKA.CO.ID, BEIRUT -- Unit Media Hizbullah telah  merilis video yang merinci spesifikasi roket Fadi-1 dan Fadi-2 yang diluncurkan Ahad pagi dalam tiga operasinya yang menargetkan pangkalan militer dan bandara Ramat David Israel serta kompleks industri militer Rafael di utara Haifa.

Video tersebut mengungkapkan bahwa Fadi-1 dan Fadi-2 adalah roket taktis permukaan-ke-permukaan yang digunakan dalam pemboman jarak jauh, yang berarti bahwa roket tersebut tidak dipandu secara presisi. Kedua roket tersebut mulai digunakan pada Perang Juli 2006.

Menurut Media Militer Hizbullah, Fadi-1, yang dapat diluncurkan dari platform stasioner atau bergerak, digunakan untuk mengganggu rute pasokan dan pangkalan sasaran yang jauh dari garis depan dan juga digunakan dalam pemboman ekstensif untuk melumpuhkan sistem pertahanan udara. Rudal ini dilengkapi hulu ledak seberat 83 kg, kaliber 220 mm, panjang 6 meter, dan jangkauan 70 kilometer.

Adapun Fadi-2, video tersebut menjelaskan bahwa hulu ledak roket tersebut memiliki daya ledak tinggi, menjadikannya sangat efisien terhadap situs-situs yang dibentengi, infrastruktur, dan pasukan musuh dalam jumlah besar. Ia memiliki hulu ledak seberat 170kg, kaliber 302mm, panjang 6 meter, dan jangkauan 100 kilometer.

Hizbullah mengumumkan bahwa mereka melakukan tiga operasi terhadap sasaran di Palestina yang diduduki sebagai bagian dari respons awal terhadap pembantaian brutal yang dilakukan oleh pendudukan di berbagai wilayah Lebanon, pada hari Selasa dan Rabu, ketika mereka meledakkan ribuan pager dan perangkat komunikasi penerima nirkabel. umumnya dikenal sebagai walkie-talkie.

Sumber lapangan yang berbicara kepada Almayadeen membenarkan bahwa roket yang diluncurkan di Pangkalan Udara Ramat David berasal dari kompleks pangkalan bawah tanah "Imad" Hizbullah, yang menampung banyak peluncur roket dan pasukan.

Sumber mengatakan bahwa pangkalan Imad 4 yang ditampilkan dalam salah satu video Hizbullah adalah satu dari lusinan pangkalan yang "tidak terpengaruh oleh semua serangan musuh." Sumber Almayadeen menekankan bahwa serangan ini tidak termasuk penggunaan rudal berpemandu presisi dan hanya merupakan respons awal terhadap agresi Israel.

Merujuk CSIS Missile Defense Project,  persenjataan Hizbullah sebagian besar terdiri dari roket artileri permukaan-ke-permukaan yang kecil, dapat dibawa-bawa, dan tidak terarah. Meskipun perangkat ini kurang presisi, namun jumlahnya yang banyak menjadikannya senjata yang efektif. Menurut sumber-sumber Israel, Hizbullah memiliki sekitar 15.000 roket dan rudal pada malam Perang Lebanon 2006, menembakkan hampir 4.000 roket ke Israel selama konflik 34 hari tersebut. Hizbullah telah memperluas persenjataan roketnya, yang saat ini diperkirakan berjumlah 130.000.

Persenjataan Hizbullah - (CSIS)

Pada Mei 2006, Sekretaris Jenderal Hizbullah Hassan Nasrallah menjelaskan bahwa “Tujuan dari roket kami adalah untuk mencegah Israel menyerang warga sipil Lebanon…Musuh takut bahwa setiap kali dia menghadapi kami, setiap kali ada korban dalam barisan kami di antara warga sipil Lebanon, hal ini akan menyebabkan untuk membalas serangan roket kami, yang dia takuti.”

Tembakan roket yang tak terarah, terutama dari peluncur kecil yang mudah dibawa-bawa membuat pemadaman kebakaran dengan kekuatan udara menjadi lebih menantang. Hal ini memaksa Israel untuk lebih bergantung pada pasukan darat dalam suatu konflik. Karena tidak memiliki kekuatan udara, Hizbullah lebih memilih perang darat di wilayahnya sendiri daripada melakukan pemboman dari udara.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler