Seberapa Luas Sebenarnya Neraka yang akan Menampung Banyak Manusia?

Orang munafik ditempatkan di tingkat paling bawah neraka.

dok pexels
Api neraka (ilustrasi)
Rep: Fuji Eka Permana Red: A.Syalaby Ichsan

REPUBLIKA.CO.ID, Neraka itu lebar dan luas dasar serta jarak tepi-tepinya sangat jauh. Betapa besar dan luasnya neraka ditunjukan oleh beberapa hal, di antaranya orang-orang yang masuk neraka jumlahnya banyak, dan dapat menampung jumlah orang yang sangat banyak selama manusia hidup di bumi yang terdiri dari orang-orang kafir dan berdosa.

Baca Juga


Meskipun bentuk tubuh orang-orang di masa lalu besar-besar, namun neraka masih sanggup menampung lebih banyak lagi. Allah memberi tahu tentang kenyatan ini dalam Surat Qaf Ayat 30.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

يَوْمَ نَقُوْلُ لِجَهَنَّمَ هَلِ امْتَلَـْٔتِ وَتَقُوْلُ هَلْ مِنْ مَّزِيْدٍ

Yauma naqūlu lijahannama halimtala'ti wa taqūlu hal mim mazīd(in).

(Ingatlah) pada hari (ketika) Kami bertanya kepada (neraka) Jahanam, “Apakah kamu sudah penuh?” Ia menjawab, “Adakah tambahan lagi?” (QS Qaf Ayat 30)

Dalam hadits disebutkan, "Jahanam terus menerus diisi dan berkata: Apakah masih ada tambahan? Akhirnya Tuhan Yang Maha Mulia meletakkan kaki-Nya di dalamnya, lalu sebagian yang satu mendekat kepada yang lainnya. Jahanam berkata; Cukup-cukup, demi Keperkasaan dan Kemurahan-Mu.” (Riwayat Imam al-Bukhari dan Imam Muslim dari Anas)

Mengenai tingkat kedalamannya, dalam hadis sahih Muslim dari Abu Hurairah, ia berkata: ketika kami sedang duduk bersama Rasulullah SAW, tiba-tiba terdengar suara benda yang jatuh. Kemudian Nabi Muhammad SAW bertanya, "Tahukah kalian suara apakah ini?” Kami menjawab, "Allah dan Rasulnya yang lebih tahu.”

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Ini adalah batu yang dilemparkan ke dalam neraka selama 70 tahun. Maka sekarang ia baru jatuh di dalam neraka."

Dikutip dari buku Tafsir Ilmi tentang Kiamat, neraka memiliki derajat panas berbeda-beda. Begitupula, siksaan yang disediakan Allah bagi penghuninya tidak sama. Allah dalam firman-Nya menyebutkan, bahwa orang-orang munafik itu di tingkatan yang paling bawah.

Orang munafik di neraka paling bawah...

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

اِنَّ الْمُنٰفِقِيْنَ فِى الدَّرْكِ الْاَسْفَلِ مِنَ النَّارِۚ وَلَنْ تَجِدَ لَهُمْ نَصِيْرًاۙ

Innal-munāfiqīna fid-darkil-asfali minan-nār(i), wa lan tajida lahum naṣīrā(n).

Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) di tingkat paling bawah dari neraka. Kamu tidak akan mendapat seorang penolong pun bagi mereka. (QS An-Nisa Ayat 145)

Bangsa Arab mengatakan “ad-dark” sesuatu yang rendah, sedang “ad-darajah” sesuatu yang tinggi. Maka untuk surga dikatakan “ad-darajat” sedang untuk neraka dikatakan “ad-dark.” Semakin rendah nerakanya semakin tinggi panasnya dan makin hebat nyalanya.

Infografis fakta-fakta neraka dalam Alquran - (Dok Republika)

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler