Malaikat Datang Saat Subuh dan Ashar

Para malaikat datang kepada kita di waktu Subuh dan Ashar.

Lorenzo Di Cola/NurPhoto
Bulan purnama terbenam di belakang kastil dan desa Rocca Calascio (L Aquila), Italia, Selasa (7/3/2023). Malaikat Datang Saat Subuh dan Ashar
Red: Muhammad Hafil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para malaikat datang kepada kita di waktu Subuh dan Ashar. Mereka mengecek keadaan sholat kita.

Dalam sebuah hadits disebutkan:

أَخْبَرَنَا قُتَيْبَةُ عَنْ مَالِكٍ عَنْ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ يَتَعَاقَبُونَ فِيكُمْ مَلَائِكَةٌ بِاللَّيْلِ وَمَلَائِكَةٌ بِالنَّهَارِ وَيَجْتَمِعُونَ فِي صَلَاةِ الْفَجْرِ وَصَلَاةِ الْعَصْرِ ثُمَّ يَعْرُجُ الَّذِينَ بَاتُوا فِيكُمْ فَيَسْأَلُهُمْ وَهُوَ أَعْلَمُ بِهِمْ كَيْفَ تَرَكْتُمْ عِبَادِي فَيَقُولُونَ تَرَكْنَاهُمْ وَهُمْ يُصَلُّونَ وَأَتَيْنَاهُمْ وَهُمْ يُصَلُّونَ

Telah mengabarkan kepada kami [Qutaibah] dari [Malik] dari [Abu Zinad] dari [Al A'raj] dari [Abu Hurairah] bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: " Para malaikat malam dan para malaikat siang saling bergantian mendatangi kalian. Mereka berkumpul saat sholat Subuh dan Ashar. Kemudian naiklah para malaikat malam -yang mendatangi kalian- Lalu Allah bertanya kepada mereka -dan Dia lebih mengetahui semua urusan mereka-: Bagaimana keadaan hamba-hambaKu ketika kalian meninggalkannya? ' Mereka menjawab, 'Kami meninggalkan mereka sedang sholat dan ketika kami mendatangi mereka, mereka juga sedang sholat'."

Buya H Muhammad Alfis Chaniago dalam Indeks Hadits dan Syarah II menjelaskan, malaikat adalah makhluk yang diciptakan Allah dari cahaya, dia adalah makhluk yang tidak pernah ingkar, malaikat selalu beribadah kepada Allah. Di antara sekian banyak jumlah malaikat, ada malaikat yang tugasnya untuk turun melihat kondisi manusia.

Menurut hadits di atas, malaikat mendatangi manusia pada waktu sholat Ashar dan Sholat Subuh. Timbul pertanyaan apakah malaikat datang di waktu yang lain juga?

Alasan dari pada malaikat turun pada waktu Subuh adalah karena pada waktu itulah waktu pergantian antara malam kepada siang. Malaikat turun ke bumi akan melihat keadaan manusia selama malam, begitu juga waktu Ashar mereka ingin mengetahui keadaaan manusia pada saat siangm amalan apa saja yang mereka lakukan pada waktu siang tersebut.

Pada dasarnya manusia selalu berada di dekat kita. Dia selalu memantau kegiatan kita selama nafas kita masih berhembus, malaikat yang ini adalah malaikat yang secara khusus mencatat seluruh amal perbuatan manusia, malaikat ini adalah malaikat Rokib dan Atid.

Jumlah malaikat sangat banyak, sehingga tidak akan ada yang mengetahui jumlah malaikat. Tapi untuk umat Islam hanya diharuskan untuk mengetahui 10 malaikat berikut tugasnya, yaitu:

Baca Juga


  1. Jibril bertugas mengantarkan wahyu kepada Nabi dan Rasul.
  2. Mikail bertugas menurunkan rezeki kepada manusia dan alam semesta.
  3. Israfil bertugas meniup terompet pada hari kiamat.
  4. Izroil bertygas mencabut nyawa.
  5. Munkar bertugas menanyakan amal baik ketika di alam kubur.
  6. Nangkir menanyakan amal buruk ketika di dalam kubur.
  7. Rokib bertugas mencatat amal kebaikan.
  8. Atid bertugas menjaga amal keburukan.
  9. Malik penjaga neraka.
  10. Ridwan penjaga neraka.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Berita Terpopuler