Amerika Remehkan Serangan Iran, Sementara Inggris Dukung Israel Sepenuhnya

Iran lancarkan serangan 200 rudal ke Israel

AP Photo
Gambar yang diambil dari video menunjukkan proyektil dicegat di Yerusalem, Israel, Selasa, 1 Oktober 2024.
Rep: Andri Saubani Red: Nashih Nashrullah

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK-Gedung Putih meremehkan serangan Iran ke Israel dengan puluhan rudal, di tengah kekhawatiran Amerika Serikat  mengenai perkembangan situasi dan seruan PBB untuk gencatan senjata di wilayah tersebut.

Baca Juga


Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan bahwa negaranya mendukung penuh Israel, dan menambahkan bahwa tim keamanan nasional Amerika Serikat terus melakukan kontak dengan rekan-rekan mereka di Israel.

Sebelumnya pada Selasa malam, juru bicara Gedung Putih Jake Sullivan mengatakan bahwa Amerika Serikat bekerja sama dengan Israel untuk menilai serangan Iran dan berkonsultasi mengenai langkah selanjutnya.

Sullivan menambahkan bahwa serangan Iran “tampaknya tidak efektif”, dan mencatat bahwa akan ada dampak yang signifikan atas serangan ini.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengumumkan bahwa ia telah memerintahkan militer untuk “membantu pertahanan Israel” dan menembak jatuh rudal-rudal Iran yang menargetkan Israel, demikian ungkap Gedung Putih dalam sebuah pernyataan.

Israel mengumumkan pada malam ini bahwa Iran telah menembakkan rentetan rudal ke arahnya, dalam sebuah serangan yang dikatakan Teheran sebagai pembalasan atas pembunuhan Sekretaris Jenderal Hizbullah Lebanon, Hassan Nasrallah, dan ketua politbiro Hamas, Ismail Haniyeh.

Israel membunuh Nasrallah dalam sebuah serangan udara di pinggiran selatan Beirut pada tanggal 27 September, sementara kepala biro politik Hamas Ismail Haniyeh terbunuh dalam sebuah pengeboman di kediamannya saat berkunjung ke Teheran pada akhir Juli.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken mengatakan, menurut New York Times, bahwa seluruh dunia harus mengutuk serangan Iran terhadap Israel.

Blinken mencatat bahwa Israel, dengan bantuan Amerika Serikat, secara efektif menggagalkan serangan tersebut.


Departemen Pertahanan Amerika Serikat (Pentagon) mengutuk apa yang disebutnya sebagai serangan sembrono Iran dan menuntut penghentian serangan-serangan berikutnya, termasuk serangan-serangan yang dilakukan oleh para sekutunya.

BACA JUGA: Tuak, Beer, Hingga Wine Kembali Peroleh Sertifikat Halal, MUI: Kami tak Bertanggung Jawab

The New York Times mengutip para pejabat Amerika Serikat yang mengatakan bahwa Washington mengkhawatirkan eskalasi dalam baku tembak antara Iran dan Israel.

Menurut para pejabat Amerika Serikat, skenario yang paling ekstrem adalah Israel menyerang fasilitas nuklir Iran.

Menurut para pejabat ini, Washington baru-baru ini telah menilai bagaimana baku tembak antara Iran dan Israel dapat berkembang.

Solidaritas Inggris...

 

Solidaritas Inggris

Perdana Menteri Inggris Keir Starmer mengatakan kepada mitranya dari Israel, Benjamin Netanyahu, pada hari Selasa mengenai “komitmen teguh” negaranya terhadap keamanan Israel dan perlindungan warga sipil setelah serangan rudal Iran.

Juru bicara kantor Starmer mengatakan bahwa perdana menteri berbicara dengan Netanyahu sore ini dan mereka mendiskusikan situasi yang meningkat di Timur Tengah.

Juru bicara tersebut menambahkan bahwa Starmer mengutuk “dengan sangat keras” serangan Iran ke Israel, yang dimulai saat kedua pemimpin tersebut berbicara.

Sekretaris Jenderal PBB António Guterres mengutuk “eskalasi konflik di Timur Tengah dengan eskalasi demi eskalasi” setelah Iran menembakkan rentetan rudal balistik ke Israel, dan menyerukan gencatan senjata di wilayah tersebut pada platform X, dengan mengatakan, “Ini harus dihentikan. Kami benar-benar membutuhkan gencatan senjata.”

Reaksi lainnya

Sky News melaporkan pada hari Selasa bahwa Perdana Menteri Inggris Keir Starmer berbicara kepada Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu kepada Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Raja Yordania Abdullah.

Perdana Menteri Prancis Michel Barnier mengatakan kepada Majelis Nasional bahwa ia prihatin dengan “eskalasi” di Timur Tengah dan “konflik langsung” antara Iran dan Israel, dan mengatakan bahwa situasinya “sangat berbahaya”.


Namun faksi-faksi di Irak menekankan bahwa “semua pangkalan dan kepentingan Amerika Serikat di Irak dan wilayah tersebut akan menjadi target” jika terjadi serangan terhadap Iran, setelah Teheran melakukan serangan rudal terhadap Israel.

“Jika Amerika melakukan tindakan permusuhan terhadap Republik Islam, atau jika musuh Zionis menggunakan wilayah udara Irak untuk melakukan pengeboman di wilayahnya, semua pangkalan dan kepentingan Amerika di Irak dan wilayah tersebut akan menjadi target kami,” ujar Badan Koordinasi Perlawanan Irak, yang terdiri dari berbagai faksi pro Iran.

Juru bicara militer Israel, Daniel Hagari, mengkonfirmasi bahwa Israel akan menanggapi serangan rudal Iran yang menargetkannya pada Selasa malam, dan menyatakan bahwa Israel akan melakukannya pada waktu dan tempat yang dipilihnya sendiri.

Militer IDF...

Militer Israel (IDF) pada Kamis (1/10/2024) bahwa misil balistik Iran telah dikirim menuju Israel. Dilaporkan the Guardian mengutip Reuters, sirene telah meraung-raung di Tel Aviv dan Yerusalem.

Menurut beberapa saksi kepada Reuters, ledakan bisa terdengar di Tel Aviv dan sirene peringatan terdengar di penjuru kota metropolitan itu. Hal yang sama dikatakan saksi kepada media.

Media Israel melaporkan bahwa Iran setidaknya mengirim 100 misil ke Israel. Belum jelas apakah misil-misil itu menghantam perumahan warga sipil atau bisa diintersep di udara Israel. 

IDF juga mengonfirmasi kiriman misil balistik Iran lewat akun X resmi mereka pada Kamis malam WIB.

 

Beberapa jam sebelum serangan misil Iran ke Israel, Amerika Serikat (AS) sudah merilis informasi yang meyakini Iran sedang bersiap untuk “segera” melancarkan serangan rudal balistik terhadap Israel. Washington pun meminta semua warga AS di Israel untuk segera berlindung.

Rencana Iran tersebut, merujuk Associated Press, disampaikan seorang pejabat senior pemerintah AS pada Selasa ini. Ia juga memperingatkan “konsekuensi parah” jika hal itu terjadi.

Pejabat tersebut, yang berbicara tanpa menyebut nama untuk membahas masalah ini, mengatakan AS secara aktif mendukung persiapan pertahanan Israel. Hal ini terjadi setelah militer Israel pada hari Selasa memperingatkan warganya untuk mengevakuasi lebih dari dua puluh komunitas perbatasan Lebanon beberapa jam setelah mengumumkan apa yang dikatakannya sebagai operasi darat terbatas terhadap Hizbullah.

Kedutaan Besar Amerika Serikat di Israel juga mengeluarkan pernyataan yang mengarahkan semua “pegawai pemerintah AS dan anggota keluarga mereka untuk berlindung di tempat sampai pemberitahuan lebih lanjut”.

Usai meluncurkan ratusan misil ke Israel, Iran lewat utusannya di PBB memberikan pesan peringatan ke Israel. Iran berjanji serangan selanjutnya akan sangat menghancurkan jika Israel melancarkan respons balasan.

"Respons Iran yang sah secara hukum, rasional, dan bertanggung jawab atas aksi terorisme rejim Zionis telah dilaksanakan. Jika rejim Zionis berani merespons atau melancarkan aksi keji lanjutan, maka balasan beruntun yang menghancurkan akan terjadi. Negara kawasan dan pendukung Zionis disarankan untuk memutus hubungan dengan rejim," demikian pernyataan resmi perwakilan Iran di PBB lewat akun resmi mereka di X, @Iran_UN dikutip Rabu (2/10/2024).

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler